Strategi komunikasi pemasaran terintegrasi dalam pembangunan Graha al Quran di Desa Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslukhah, Luluk (2020) Strategi komunikasi pemasaran terintegrasi dalam pembangunan Graha al Quran di Desa Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Maslukhah_F02917260.pdf

Download (2MB)

Abstract

Potensi zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) pada tahun 2017 cukup besar, yang terhimpun dan terkelola baru sekitar Rp 8 triliun atau sekitar 1-2 persen potensi yang ada. Rendahnya perolehan dana ziswaf disebabkan komunikasi kurang efektif, diikuti oleh minimnya sosialisasi, media komunikasi kurang tepat, belum efektifnya pemanfaatan media sosial. Graha Al Quran, salah satu program LAZ Dompet Amanah Umat di Sidoarjo berhasil menghimpun dana hampir 2,3 milyar rupiah untuk pembangunan gedung Graha Al Quran. Setiap tahun membuat perencanaan komunikasi pemasaran yang integral, dengan menetapkan media komunikasi online offline, dan pesan yang disampaikan konsisten terus menerus disampaikan pada pasar yang sudah ditarget. Penelitian ini ingin menjawab 2 pertanyaan yaitu: (1) Bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran terintegrasi dalam pembangunan Graha Al Quran di Sidoarjo?, (2) Bagaimana implementasi komunikasi pemasaran terintegrasi dalam pembangunan Graha Al Quran di Sidoarjo? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi dan implementasi komunikasi pemasaran terintegrasi dalam pembangunan Graha Al Quran yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat di Sidoarjo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Graha Al Quran membidik lima segmen di Sidoarjo dengan kreatif. Graha Al Quran mengintegrasikan media online dan offline dan menggunakan media personal selling di tahap akhir. Hasil strategi promosi yang dilakukan Graha Al Quran adalah pasar suka pada subjek promosi, terbentuk kepercayaan yang positip pada Graha Al Quran, dan tema pesan pahala yang mengalir tiada henti, masuk dalam benak konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslukhah, Lulukzaharakiko@gmail.comF02917260
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Manajemen Dakwah
Pemasaran
Keywords: Graha Al Quran; Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat; strategi Komunikasi; pemasaran
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Luluk Maslukhah
Date Deposited: 05 Oct 2020 11:43
Last Modified: 05 Oct 2020 11:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44370

Actions (login required)

View Item View Item