Dakwah ekonomi umat pada pesantren Shiddiqiyyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasirin, Muhammad Khoirun (2020) Dakwah ekonomi umat pada pesantren Shiddiqiyyah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Khoirun Nasirin_F02417135.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan agama Islam yang sudah berkembang lama. Keberadaan pesantren dapat memberi implikasi dan lokomotif kepada masyarakat terhadap perubahan ekonomi. Dan kini, pesantren sebagai aspirasi umat dalam mencari pola, model, dan sistem pendidikan. Sebagai realitas, bahwa pesantren mempunyai potensi yang strategis untuk dapat mengubah ekonomi umat untuk menjadi lebih baik. Tujuan peneletian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menganalisis operasional dakwah ekonomi umat pada pesantren Shiddiqiyyah. (2) mendeskripsikan dan menganalisis dakwah ekonomi umat pada pesantren Shiddiqiyyah. (3) menggambarkan hasil dakwah ekonomi umat pada pesantren Shiddiqiyyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan. Wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data digunakan langkah-langkah ketekunan, trianggulasi sumber data dan diskusi bersama objek peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah memberi santunan kepada warga yang tidak berkecukupan dalam memenuhi biaya kehidupan, memberi santunan kepada anak yang terlantar. Memberi santunan yg bersifat insidentil, memberikan layak rumah huni, memberi santunan biaya pengobatan, memberi santunan pendidikan, memberi bantuan dana kepada masyakat untuk membuka umkm sektor formal, meminjamkan dana kepada uyunun tajrin naf’ah dan memberangkatkan umroh warga bersama pesantren Shiddiqiyyah.Dalam hasil penelitian ini, ada beberapa saran terkait dakwah ekonomi umat yang dilakukan pesantren Shiddiqiyyah pertama, dalam upaya dakwah ekonomi umat yang dilakukan pesantren Shiddiqiyyah lebih dikembangkan sampai berskala nasional kedua, terkait dakwah ekonomi umat khususnya dalam pemberdayaan dan peminjaman modal lebih dipermudah baik ditingkat pusat dan cabang pesantren Shiddiqiyyah yang berada di seluruh Indonesia ketiga, membina lebih intens dalam pengelolahan bisnis usaha warga keempat, menyadarkan kepada masyarakat akan pentingnya ekonomi khususnya ekonomi keluarga kelima, masyarakat harus memanfaatkan akomodasi dipesantren Shiddiqiyyah berupa modal usaha yang sudah disediakan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasirin, Muhammad Khoirunmnasirin90@gmail.comF02417135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, Syaiful--2025095501
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Dakwah; Ekonomi umat; Pesantren.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Khoirun Nasirin Nasirin
Date Deposited: 08 Oct 2020 13:18
Last Modified: 08 Oct 2020 13:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44377

Actions (login required)

View Item View Item