Strategi masjid dalam pemberdayaan ekonomi umat: studi kasus Masjid Sabilillah Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanto, Aki Edi (2020) Strategi masjid dalam pemberdayaan ekonomi umat: studi kasus Masjid Sabilillah Malang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aki Edi Susanto_F02418137.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua masalah yaitu bagaimana strategi masjid dalam pemberdayaan ekonomi umat, bagaimana kelebihan dan kelemahan strategi masjid dalam pemberdayaan ekonomi umat, dan bagaimana hasil dari strategi masjid dalam pemberdayaan ekonomi umat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka, yang berkaitan dengan strategi masjid Sabilillah Malang dalam pemberdayaan ekonomi umat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi pemberdayaan ekonomi umat yang digunakan oleh masjid Sabilillah Malang yaitu menggunakan dua program pemberdayaan yang berbeda, akan tetapi dua program tersebut saling berkaitan satu sama lain. Koperasi masjid menggali potensi yang dimiliki oleh jamaah yang ingin membuka usaha ataupun menambah usaha dan berupaya untuk mengembangkan usaha mereka, sedangkan LAZIS mempunyai program bina usaha bagi kaum dhuafa atau fakir miskin untuk memberdayakan dari sisi ekonomi. Kelebihan dari strategi masjid Sabilillah Malang dalam pemberdayaan ekonomi umat yaitu sumberdaya, merupakan bagian yang sangat penting dalam menunjang sebuah kinerja dalam pelaksanaan kegiatan yang merupakan suatu kesatuan baik potensi personil (SDM), ketersediaan dana, dan dukungan sarana prasarana yang dapat dimanfaatkan dalam melaksanakan pemberdayaan ekonomi umat. Memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin meminjam dana dengan memberikan jaminan berupa kartu keluarga, surat nikah dll. Kelemahan dari strategi masjid Sabilillah Malang yaitu, kurangnya sumber daya manusia yang dimiliki oleh masjid sehingga tidak mampu memberikan pelatihan dan juga pengawasan kepada jamaah yang diberikan modal usaha. Hasil strategi pemberdayaan ekonomi umat bahwa para pelaku usaha mikro yang diberikan bantuan dari masjid menjadikan usaha mereka semakin berkembang dan berpengaruh terhadap kesejahteraan ekonomi keluarga. Adapun saran bagi masjid Sabilillah Malang dalam pemberdayaan ekonomi umat, pihak masjid dalam mengimplementasikan strategi pemberdayaan ekonomi umat harus menambah sumber daya manusia untuk melaksanakan program pendampingan, dan juga pelatihan kepada para anggota pelaku usaha mikro, melaksanakan monitoring dan evaluasi kepada anggota yang diberikan bantuan modal usaha, harus sering mengadakan program-program seminar kewirausahaan, pihak takmir masjid harus memberikan materi atau khutbah tentang pemberdayaan ekonomi sehingga jamaah bisa lebih faham tentang pentingnya penerapan kebutuhan ekonomi dalam Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanto, Aki Ediakiedisusanto@gmail.comF02418137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, Faishalfaishalhaq@gmail.com2020055001
Thesis advisorAhrori, Syaifulsyaifulahrori@gmail.com2025095501
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Strategi; Masjid; Pemberdayaan.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Edi Susanto Aki
Date Deposited: 05 Oct 2020 09:34
Last Modified: 05 Oct 2020 09:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44378

Actions (login required)

View Item View Item