Pengaruh dzikir lisan terhadap konsentrasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy'ari Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maimuna, Wiwin (2020) Pengaruh dzikir lisan terhadap konsentrasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy'ari Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwin Maimuna_D91216085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian adalah, 1) Bagaimana penerapan dzikir lisan di MTs Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo; 2) Bagaimana konsentrasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo; 3) Bagaimana pengaruh dzikir lisan terhadap konsentrasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo . Perhatian individu akan mudah beralih dari suatu objek ke objek lain apabila individu tersebut tidak dapat berkonsentrasi. konsentrasi dibangun dari proses komunikasi dalam tubuh yang berkoordinasi dengan baik dan kerja neuron otak yang rumit. karena itu individu dapat berkonsentrasi jika hati tenang. sebagai seorang yang beriman mendapat hati yang tenang adalah dengan cara berdzikir sebagaimana Alquran surat ar-ra’du ayat 28.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dzikir lisan, Konsentrasi belajar siswa setelah melakukan dzikir lisan dan Pengaruh dzikir lisan terhadap konsentrasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, menggunakan jenis penelitian korelasi non parametric sperman rank.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dokumentasi data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dzikir lisan berpengaruh pada konsentrasi belajar siswa hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai signifikansi < 0,05 = 0,000 < 0,05 yang memiliki arti tidak cukup bukti untuk meneriman Ho.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maimuna, Wiwinwiwinmaimuna1@gmail.comD91216085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAW, Liliek Channalilikchanna@gmail.com2018126701
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Subjects: Doa dan Zikir
Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Dzikir Lisan; Konsentrasi Belajar; Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wiwin Maimuna
Date Deposited: 05 Nov 2020 13:59
Last Modified: 05 Nov 2020 13:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44388

Actions (login required)

View Item View Item