Sistem pendukung keputusan pemilihan pondok pesantren menggunakan metode Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fernadi, Eka Bagus (2020) Sistem pendukung keputusan pemilihan pondok pesantren menggunakan metode Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Bagus Fernadi_H76215032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan dipondok pesantren, faktor kualitas pondok pesantren dan biaya pendidikan pondok pesantren memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan santri dan rasionalitas pemilihan orang tua terhadap pesantren. Hal inilah yang mendasari dibuatnya penelitian sistem pendukung keputusan pemilihan pondok pesantren yang bertujuan untuk merekomendasikan pondok pesantren sesuai dengan data masukan yang menjadi atribut pertimbangan. Penelitian ini mengimplementasikan metode multi objective optimization on the basis of ratio analysis (moora) dengan tahapan sesuai dengan siklus metode moora yaitu : identifikasi atribut, membuat matriks keputusan, normalisasi pada metode moora, melakukan evaluasi pada nilai max dan min, menentukan peringkat dari hasil perhitungan moora. Hasil pengujian sistem pendukung keputusan pemilihan pondok pesantren menunjukkan bahwa implementasi metode moora yang dilakukan sudah berjalan dengan baik dan benar berdasarkan uji coba yang dilakukan peneliti. Lalu hasil pengujian akurasi berdasarkan pakar memiliki tingkat akurasi 76.6% yang berarti cukup akurat. Dan hasil pengujian yang dilakukan berdasarkan pengguna secara keseluruhan menunjukkan responden menilai bahwa sistem bermanfaat bagi pengguna (perceived of usefulness) dengan nilai akhir 83.3% dan responden juga menilai bahwa sistem yang dibuat mudah untuk dioperasikan (perceived ease of use) dengan nilai akhir 83.8%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fernadi, Eka Bagusbagusfernadieka@gmail.comH76215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Subjects: Pesantren
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Sistem pendukung keputusan; Multi objective optimization on the basis of ratio analysis (moora); Pemilihan pondok pesantren; Perceived of usefulness; Perceived ease of use
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Eka Bagus Fernadi
Date Deposited: 07 Oct 2020 07:28
Last Modified: 07 Oct 2020 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44400

Actions (login required)

View Item View Item