Dakwah dan perilaku sosial jama'ah tabligh di masjid jamik Nurul Rahman Pasean Pamekasan Madura: perspektif tindakan sosial Max Weber

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Mohammad (2020) Dakwah dan perilaku sosial jama'ah tabligh di masjid jamik Nurul Rahman Pasean Pamekasan Madura: perspektif tindakan sosial Max Weber. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Fauzi_F02718291.pdf

Download (6MB)

Abstract

Islam dan gerakan dakwah secara kulitatif mempunyai pemahaman yang bertujuan untuk mempengaruhi dan mentransformasikan sikap atau perilaku manusia menuju tatanan kesalehan individu dan kesalehan sosial. Apabila kita melihat fenomena sosial yang terjadi dizaman sekarang yang mengarah terhadap perilaku seseorang berorientasi kepada gaya hidup yang bebas sehingga lupa atas hakikat tujuan hidup didunia serta membentuk kepribadian yang baik. Untuk menjawab hal tersebut, masjid jamik Nurul Rahman Pasean Pamekasan Madura sebagai markas dakwah jama’ah tabligh di Madura dalam membimbing mengarahkan masyarakat kepada perilaku yang baik sesuai dengan ajaran dakwah dalam Islam dalam peningkatan iman dan amal saleh. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul, yaitu: (1) Bagaimana dakwah jama’ah tabligh di masjid jamik Nurul Rahman Pasean Pameksan Madura. (2) Bagaimana perilaku sosial jama’ah tabligh di masjid jamik Nurul Rahman Pasean Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis fenomenologi naturalistik dalam teori Max Weber, yaitu perilaku sosial. Dalam teori Max Weber, untuk memelihat perilaku sosial seseorang disebabklan peningkatan pemahaman terhadap suatu ajaran (dakwah) yang berimplikasi kepada tujuan yang dicapai. Proses pengumpulan data, menggunakan pedoman observasi berperan serta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan proses analisis data deskriptif melalui 4 (empat) alur kegiatan yang berlangsung secara bersama, yaitu berupa (1) Reduksi Data, (2) Sajian data, (3) Penarikan Kesimpulan, dan (4) Tringulasi dengan mendiskusikan sajian data dan hasil temuan selama melakukan penelitian dilapangan. Hasil temuan dan analisis data pada penelitian jama’ah tabligh di masjid jamik Nurul Rahman Pasean Pamekasan Madura, yaitu sebagai berikut: (1) dakwah jama’ah tabligh di masjid jamik Nurul Rahman Pasean Pamekasan Madura, meliputi Khuruj fi sabilillah, jaulah, bayan, ta’lim wa ta’allum, khidmat dan dzikir. (2) Perilaku sosial jama’ah tabligh di masjid jamik Nurul Rahman Pasean Pamekasan Madura, meliputi gaya hidup, suka menolong, peningkatan silaturahim dan amar ma’ruf nahi mungkar. Hal demikian merupakan suatu keberhasilan dakwah yang mampu diimplikasikan dalam membimbing mengarahkan para jama’ahnya terhadap perilaku yang positif, baik dari perilaku individu mapun perilaku sosial di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Maka usaha dan dan tabligh merupakan sebuah khazanah Islam dalam bentuk lain yang titik tekannya dalam perbaikan iman dan amal shaleh. Kepada para karkun hendaknya istiqomah untuk senantiasa mengajak dan membimbing masyarakat dalam meningkatkan iman dan amal shaleh. Sehingga dalam pembentukan perilaku individu dan sosial usaha dakwah dan tabligh ini diharapkan telah memberikan energi positif bagi masyarakat sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Mohammadfauzimohammad347@gmail.comF02718291
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Komunikasi
Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Dakwah; Perilaku sosial; Tindakan Sosial Max Weber.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mohammad Fauzi
Date Deposited: 07 Oct 2020 12:08
Last Modified: 07 Oct 2020 12:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44415

Actions (login required)

View Item View Item