Bhuppa’ Bhabbhu’ Guru & Rato dalam Cultural Character Masyarakat Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriati, Aida Sofia (2020) Bhuppa’ Bhabbhu’ Guru & Rato dalam Cultural Character Masyarakat Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aida Sofia Fitriati_A02216004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneilitian ini merupakan penelitian sejarah kebudayaan dengan menggunakan pendekatan historis-antropologis yang menjelaskan tentang suatu kebudayaan di Madura kepada istilah Bhuppa’ Bhabbu’Guru & Rato. Dalam penelitian ini, menggunakan teori interpretasi budaya yang menurut Clifford Geertz, interpretasi budaya merupakan penafsiran simbol-simbol yang muncul dalam perilaku keseharian dipraktikkan oleh kelompok masyarakat tertentu dalam lingkungan dan konteks historis tertentu. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa karakter kebudayaan masyarakat Madura yang terdapat pada istilah Bhuppa’ Bhabbu’Guru & Rato memiliki sifat positif. Selama ini masyarakat Madura dinilai dengan sifatnya yang keras, arogan, pendendam, bengis dan sebagainya. Dari penelitian ini, kita dapat mengetahui sejarah, makna dari istilah Bhuppa’ Bhabbu’ Guru & Rato dan implementasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriati, Aida Sofiasadhejesantre@gmail.comA02216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Buppa’ Babu’ Guru & Rato; Masyarakat Madura.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Aida Sofia Fitriati
Date Deposited: 08 Oct 2020 05:44
Last Modified: 08 Oct 2020 05:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44436

Actions (login required)

View Item View Item