Penguatan kelembagaan pemuda dalam mengurangi penyebaran pandemi covid-19 di Desa Bogoarum Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihawa, Alfin Riska (2020) Penguatan kelembagaan pemuda dalam mengurangi penyebaran pandemi covid-19 di Desa Bogoarum Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfin Riska Nihawa_B92216099.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan masyarakat Desa Bogoarum, yang memiliki aset berupa organisasi pemuda karang taruna yang telah dibentuk oleh KKN Magetan Uin Sunan Ampel Surabaya 2020. Pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kelembagaan pemuda ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas keleembagaan pemuda dan mengurangi penyebaran pandemi COVID 19 di Desa Bogoarum. Dalam penelitian ini berfokus pada yang pertama, yaitu penguatan kelembagaan pemuda. Kedua meningkatkan kemampuan kelembagaan pemuda. Ketiga pelaksanaan program dalam upaya mengurangi penyebaran pandemi COVID 19 di Desa Bogoarum. Dalam pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD (Ased Based Community Development) pendekatan yang berbasi aset memiliki lima tahapan yaitu 5-D diantaranya yaitu: Discovery, Dream, Design, Define, Destiny. Dari lima tahapan tersebut peniliti menagajak masyarakat untuk lebih mengenali aset atau potensi yang ada didesa maupun ada didalam diri mereka, dengan menceritakan pengalaman suskes atau cerita sukses dimasa lalu. kemudian peneliti mengajak masyarakat untuk berharap atau memimpikan apa yang ingin di capai dimasa yang akan datang. Setelah menemukan potensi dan penguatan aset masyarakat Bogoarum yang diharapkan oleh penliti dan msyarakat adalah sebuah perubahan bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat. Aksi yang telah dilakukan oleh kelembagaan pemuda berupa karang taruna dan masyrakat Desa Bogoarum dalam mengurangi penyebaran pandemi COVID 19. Selain itu dapat memanfaatkan dan mengelola aset dan potensi masyarakat Desa Bogoarum serta meningkatkan kemampuan dan kreatifitas kelembagaan pemuda karang taruna di Desa Bogoarum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihawa, Alfin Riskaalvinnihawa@gmail.comB92216099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, Syaifulsyaifulahrori55@gmail.com2025095501
Subjects: Bencana alam
Pemberdayaan
Remaja
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; COVID 19, kelembagaan pemuda; karang taruna.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alfin Nihawa
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:00
Last Modified: 09 Oct 2020 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44456

Actions (login required)

View Item View Item