Peramalan pendapatan asli daerah akibat pengaruh pajak hiburan, pajak hotel dan pajak restoran di Badan Pendapatan Daerah Kota Surabaya menggunakan VAR (vector autoregressive)/VECM (vector error correction model)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Rais Noer (2020) Peramalan pendapatan asli daerah akibat pengaruh pajak hiburan, pajak hotel dan pajak restoran di Badan Pendapatan Daerah Kota Surabaya menggunakan VAR (vector autoregressive)/VECM (vector error correction model). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rais Noer Rachman_H72216065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pajak terdiri dari dua macam yaitu pajak pusat dan pajak daerah. Pajak pusat adalah pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat dan digunakan untuk membiayai keperluan negara. Sedangkan Pajak Daerah merupakan pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah dan digunakan untuk membiayai keperluan daerah. Pajak daerah di Kota Surabaya salah satunya bersumber dari pajak hiburan, pajak hotel, pajak reklame, pajak restoran, dll. Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah diupayakan menjadi sumber pendapatan daerah yang utama, karena selama empat tahun terakhir kontribusi PAD terhadap total pendapatan daerah di Provinsi Jawa Timur rata-rata 70% lebih dari . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model prediksi dan hasil prediksi Pajak Asli Daerah (PAD) akibat pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restoran, dan Pajak Hiburan di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Surabaya menggunakan VAR (Vector Autoregressive) dan VECM (Vector Error Correctin Model). Metode VAR mempunyai beberapa keunggulan antara lain tidak perlu adanya penentuan variabel eksogen maupun variabel endogen karena setiap variabel-variabel yang ada pada VAR merupakan variabel endogen. Hasil analisis VECM yang telah dilakukan, diperoleh nilai MAPE untuk variable PAD sebesar 20,7%, pada variabel Pajak Hiburan diperoleh hasil nilai sebesar 10,5%, pada variabel Pajak Hotel diperoleh hasil nilai sebesar 25,3% dan pada variabel Pajak Restoran diperoleh hasil nilai sebesar 5,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model yang telah didapatkan memiliki kinerja yang lumayan bagus karena hasil yang diperoleh masih berada diantara kisaran 10% sampai dengan 20%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Rais Noerraisrachman756@gmail.comH72216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Subjects: Matematika
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Pajak; Prediksi; Vector autoregressive; Vector Error Correction Model.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Rais Noer
Date Deposited: 09 Oct 2020 12:01
Last Modified: 09 Oct 2020 12:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44461

Actions (login required)

View Item View Item