Analisis penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA (Programme for International Student Assessment) ditinjau dari Adversity Quotient (AQ)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Himawan Jaya (2020) Analisis penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA (Programme for International Student Assessment) ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himawan Jaya Kusuma_D04214007.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penalaran proporsional merupakan salah satu cabang penting dari penalaran formal, dimana berperan untuk mengidentifikasi dan menentukan hubungan relasi antara kuantitas dalam situasi proporsional. Sedangkan hasil PISA 2018 menunjukkan bahwa terjadi penurunan peringkat dan skor rata-rata kemampuan matematika dari yang tahun lalu dari 62 dengan skor 386 menjadi 73 dengan skor 379. Di lain sisi, kecerdasan Adversity Quotient (AQ) tiap siswa dalam menghadapi masalah juga berbeda-beda. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA oleh siswa kategori AQ.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Unggulan Amanatul Ummah Surabaya pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas VIII. Subjek penelitian terdiri dari 2 subjek climber, 2 subjek camper, dan 2 subjek quitter yang diklasifikasikan berdasarkan angket ARP (Adversity Response Profile). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test soal tes tertulis penalaran proporsional berstandar PISA dan lembar pedoman wawancara. Data hasil tes tertulis dianalisis berdasarkan indikator penalaran proporsional dalam menyelesaikan masalah berstandar PISA sesuai tahapan Polya. Sedangkan hasil wawancara dilakukan reduksi data terlebih dahulu, setelah itu disajikan dalam bentuk skema dan naratif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penalaran proporsional siswa climber dalam menyelesaikan masalah yaitu mampu memenuhi semua indikator penalaran proporsional berdasarkan tahapan Polya dengan penyelesaian yang runtut. Kemudian penalaran proporsional siswa camper dalam menyelesaikan masalah yaitu cukup mampu memenuhi indikator namun juga cenderung ragu dalam memilih strategi penyelesaian dan tidak mampu menunjukkann rasio. Sedangkan penalaran proporsional siswa quitter dalam menyelesaikan masalah yaitu kurang mampu memenuhi semua indikator dimana tidak menuliskan secara lengkap informasi yang terkandung pada soal, kurang mampu merencanakan penyelesaian sehingga stratagi yang dipilih kurang tepat, tidak mampu menunjukkan rasio dan alur penyelesaian yang tidak runtut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Himawan Jayahimawan.jaya5@gmail.comD04214007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Keywords: Penalaran proporsional; PISA; Adversity Quotient (AQ).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Himawan Jaya Kusuma
Date Deposited: 09 Oct 2020 12:41
Last Modified: 11 Oct 2020 13:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44466

Actions (login required)

View Item View Item