Konsepsi sama’ al-Ghazali pada makna tangis dalam Sholawat Burdah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutamaroh, Mutamaroh (2020) Konsepsi sama’ al-Ghazali pada makna tangis dalam Sholawat Burdah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutamaroh_E97216041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Konsepsi sama’ al-Ghazali pada Makna Tangis dalam Sholawat Burdah, yang tersusun dalam beberapa perumusan masalah. Bagaimana pengertian sama’ al-Ghazali? Bagaimana prosesi sholawat burdah di Nguling?, bagaimana analisis sama’ al-Ghazali tentang makna tangis Penelitian di sini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif, untuk mendapatkan informasi, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara. Faedah yang dapat diperoleh pada riset ini adalah, sebuah cara bagaimana seseorang dapat mengetahui tingkatan saat mendengarkan sholawat dengan diiringi musik dan bagaimana pentingnya sholawat burdah dalam menumbuhkan suatu ekspresi dan menguatkan emosional para jama’ah mengenai rasa rindu yang sangat mendalam terhadap Rasulullah dalam lingkup penelitian di desa Nguling pasuruan. Adapun teori yang digunakan penulis yakni menggunakan analisi sama’ Imam al-Ghazali yang menjelaskan bahwa ada tingkatan bagi seseorang yang mendengarkan musik sama’, antara lain: Pemahaman, Perasaan, dan Ekspresi. Penelitian dengan judul “Konsepsi sama’ al- Ghazali pada Makna Tangis dalam Sholawat Burdah di Desa Nguling Pasuruan” dapat disimpulkan, bahwa fungsi musik dalam sholawat burdah dapat digunakan sebagai sarana membangkitkan semangat dan ekspresi. Akan tetapi tidak semua jama’ah yang dapat merasakan hal tersebut. adapula hal-hal yang dapat dirasakan, antara lain: kecintaan atau mahabbah, kerinduan syauq, perasaan yang melebur atau ekstase.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutamaroh, Mutamarohmutaamaroh574@gmail.comE97216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Psikoterapi
Tasawuf
Keywords: Sholawat Burdah; Sama’; Makna tangis dalam Sholawat.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Mutamaroh Mutamaroh
Date Deposited: 16 May 2021 10:05
Last Modified: 16 May 2021 10:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44484

Actions (login required)

View Item View Item