Pengaruh Hidden Curriculum Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di MTSN 3 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Afniah (2020) Pengaruh Hidden Curriculum Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di MTSN 3 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afniah Maghfiroh_D91216043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perlu kerjasama yang baik antar berbagai pihak dalam pembentukan karakter peserta didik, tidak hanya berpacu pada tanggung jawab sekolah atau madrasah saja, melainkan dari berbagai pihak yakni pemerintah, sekolah, guru, orang tua dan juga masyarakat sekitar.Sekolah yang menjadi jalur utama pendidikan formal harus memiliki school culture, dimana kedisplinan dan pembiasaan dapat membentuk karakter peserta didik. maka dari itu, kegiatan hidden curriculum yang diterapkan diharapkan dapat mencetak peserta didik dalam mencapai aspek aspek yang tidak hanya kognitif saja, melainkan meliputi aspek afektif dan psikomotorik. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah program hidden curriculum Pendidikan Agama Islam dapat berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTsN 3 Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dimana peneliti lansung terjun lapangan untuk mengamati secara lansung proses program hidden curriculum dan juga menggunakan beberapa teknik pengumpulan data diantaranya ialah angket (kuisioner), wawancara, dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan atau pengaruh dari dua variable Berdasarkan hasil analisis data melalui aplikasi SPSS diperoleh S Square sebesar 0,562 atau 56,2%, hal ini dapat diuraikan bahwa prosentase yang diperoleh pada pengaruh hidden curriculum Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di MTsN 3 Kota Surabaya sebesar 56,2% atau dapat dibulatkan menjadi 56% sedangkan 44% dipengaruhi variable lainnya. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antar variable dapat dilihat hasil dari Thitung ≥ Ttabel (9.482 ≥ 1.944) atau Thitung lebih besar daripada Ttabel, artinya Ha diterima dan Ho ditolak atau dengan kesimpulan adanya pelaksanaan hidden curriculum Pendidikan Agama Islam berpengaruh signifikan terhadap karakter peserta didik di MTsN 3 Kota Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Afniahmagfirohafniah@gmail.comD91216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@uinsby.ac.id2025077001
Thesis advisorsutikno, sutiknoNohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Agama
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Hidden curriculum pendidikan agama islam; Karakter peserta didik; Regresi linier sederhana; MTsN 3 Kota Surabaya .
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afniah Maghfiroh
Date Deposited: 20 Oct 2020 11:02
Last Modified: 20 Oct 2020 11:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44488

Actions (login required)

View Item View Item