Ekspansi Timur Lenk terhadap dunia Islam (1370-1405)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Syavera Uswatun (2020) Ekspansi Timur Lenk terhadap dunia Islam (1370-1405). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syavera Uswatun Hasanah_A92216155.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis. Pendekatan historis digunakan untuk menjelaskan riwayat hidup, pendirian dinasti Timuriyah dan perjalanan Timur Lenk dalam melakukan ekspansi. Adapun teori yang digunakan adalah teori kekuasaan Ibnu Khaldun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang memiliki beberapa tahapan, antara lain heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Timur Lenk adalah seorang penakluk dari bangsa Mongol yang bergama Islam. Ia lahir di Kesh pada bulan Sya’ban 736 H/ April 1336 M. Sejak remaja Timur sudah menguasai seni perang dan sering ikut andil dalam peperangan. Di tahun 1370 M, Timur telah berhasil mendirikan dinasti Timuriyah setelah mengalahkan Amir Hussein. 2) Timur Lenk telah melakukan ekspansi selama hampir tiga puluh lima tahun. Kemampuannya dalam menyusun strategi membuatnya berakhir sebagai pemenang dalam setiap peperangan. Wilayah ekspansinya terbentang luas hampir seperempat dunia. Ekspansi terbaiknya adalah menaklukkan Sultan Bayazid I penguasa Turki Ustmani. 3) ekspansi yang dilakukan oleh Timur Lenk memberikan pengaruh yang besar terhadap kekuasaannya. Samarkand yang menjadi ibu kotanya menjadi pusat peradaban Islam yang maju. Para cendekiawan dan ulama besar dibawanya menuju ibu kotanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Syavera UswatunSyaverahasanah@gmail.comA92216155
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM. Ridwan, M. Ridwan--2017075901
Subjects: Politik
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Timur Lenk; Ekspansi; Mongol.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Syavera Uswatun Hasanah
Date Deposited: 12 Oct 2020 05:26
Last Modified: 12 Oct 2020 05:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44499

Actions (login required)

View Item View Item