Analisis kompleksitas semiotik grafik peserta didik dalam menyelesaikan masalah statistika dibedakan dari gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Putri Eka (2020) Analisis kompleksitas semiotik grafik peserta didik dalam menyelesaikan masalah statistika dibedakan dari gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Eka Sari_D74214065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kompleksitas semiotik grafik merupakan level atau tingkatan kemampuan seseorang dalam menyajikan grafik statistika yang melibatkan empat objek matematika antara lain masalah, tindakan, konsep dan properti. Kompleksitas semiotik grafik setiap peserta didik berbeda-beda, salah satu yang mempengaruhi yaitu gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompleksitas semiotik grafik peserta didik dengan gaya kognitif field dependent dan field independent dalam menyelesaikan masalah statistika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang diambil dari kelas XII-IPA-1 di SMA Barunawati Surabaya yang terdiri dari 2 peserta didik bergaya kognitif field dependent dan 2 peserta didik bergaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil tes tertulis siswa dianalisis berdasarkan indikator kompleksitas semiotik grafik dan diperkuat dengan hasil wawancara peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompleksitas semiotik grafik peserta didik bergaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah statistika tidak dapat diklasifikasikan ke dalam level manapun; 2) Kompleksitas semiotik grafik peserta didik bergaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah statistika, salah satu peserta didik tidak dapat diklasifikasikan ke dalam level manapun dan satu lainnya berada pada level 3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Putri Ekaputerieka0@gmail.comD74214065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id197411042008012008
Subjects: Pendidikan
Keywords: Kompleksitas semiotik grafik; Field dependent dan Field Independent.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd. Putri Eka Sari
Date Deposited: 14 Oct 2020 02:42
Last Modified: 14 Oct 2020 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44506

Actions (login required)

View Item View Item