Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode Latihan Terbimbing pada siswa kelas 2 MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusdiana, Zulfa (2020) Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode Latihan Terbimbing pada siswa kelas 2 MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfa Rusdiana_D07216043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II MI darul Ulum Sarirogo Sidoarjo pada mata pelajaran bahasa indonesia. Berdasarkan pra siklus dari 26 siswa hanya ada 8 siswa yang tuntas dan 18 siswa yang belum tuntas. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan keterampilan menulis tegak bersambung mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode latihan terbimbing pada siswa kelas II MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas II MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model Kurt Lewin yang terdapat 4 tahapan pelaksanaan yakni perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode latihan terbimbing untuk menulis tegak bersambung telah dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,7 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 93,3. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72,3 dan peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 92,8. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yakni 16 siswa dan pada siklus II 22 siswa yang tuntas. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 55,5 meningkat pada siklus I yaitu 64,6 dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yakni 82,3. Presentase ketuntasan siswa pada pra siklus hanya 30,7% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 61,5% dan peningkatan pada siklus II sebesar 84,61%. Siklus II sudah mencapai indikator kinerja ≥ 80 dan ≥ 80% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusdiana, Zulfazulfarusdiana@gmail.comD07216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabuddin, Sihabunddinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Peningkatan keterampilan; Menulis tegak bersambung; Metode latihan terbimbing.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Zulfa Rusdiana Rusdiana
Date Deposited: 12 Oct 2020 09:09
Last Modified: 12 Oct 2020 09:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44511

Actions (login required)

View Item View Item