Pengembangan metode pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II: Madrasah Ibtidaiyah Bilingual Al Hikmah Kecamatan Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'alifah, Khusnul (2020) Pengembangan metode pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II: Madrasah Ibtidaiyah Bilingual Al Hikmah Kecamatan Driyorejo Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Mu'alifah_F02A18354.pdf

Download (2MB)

Abstract

bahasa Arab yang harus dicapai dalam proses pembelajaran. Tetapi pada kenyatannya, tujuan pembelajaran bahasa Arab tersebut tidak tercapai. Di Madrasah Ibtidaiyah Bilingual Al Hikmah proses pembelajaran bahasa Arab kurang dapat maksimal, hal itu dikarenakan kurang terampilnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan suatu produk berupa metode pembelajaran sebagai alternatif meteode pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, impelementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Bilingual Al Hikmah Driyorejo Gresik pada siswa kelas II. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah anlisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan metode pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara yang terdiri dari empat fase pembelajaran yaitu fase mengulang kembali, fase pemberian perintah, fase bermain peran, dan fase tanya jawab. Berdasarkan hasil analisis pada uji coba produk terdapat perbedaan skor awal (pretest) dan skor tes akhir (posttest) pada siswa kelas II yang berjumlah 9 siswa. Hasil tes awal (pretest) menunjukkan prosentase 65,43% dan tes akhir (posttest) menunjukkan prosentase 92,59%. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran hasil pengembangan terbukti secara efektif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'alifah, Khusnulkhusnulmualifah54@gmail.comF02A18354
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Penelitian dan Pengembangan; Metode pembelajaran Bahasa Arab; Keterampilan Berbicara.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: khusnul mu'alifah
Date Deposited: 12 Oct 2020 09:01
Last Modified: 12 Oct 2020 09:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44513

Actions (login required)

View Item View Item