Peran program pengabdian dalam meningkatkan perilaku sosial keagamaan santri di pondok pesantren Mambaus Sholihin Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozi, Much. Khoirur (2020) Peran program pengabdian dalam meningkatkan perilaku sosial keagamaan santri di pondok pesantren Mambaus Sholihin Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Much. Khoirur Rozi_D91216110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program pengabdian adalah suatu program yang ditujukan untuk mendedikasikan seluruh raganya untuk suatu objek tertentu yang dituju. Seperti halnya jika suatu program tersebut ditujukan kepada masyarakat, maka subjek dari program pengabdian tersebut akan mendedikasikan seluruh jiwa raganya akan diserahkan kepada masyarakat, dan tentunya akan memprioritaskan masyarakat tersebut dari kegiatan lainnya. Dalam pondok pesantren Mamba’us Sholihin sendiri memiliki struktur organisasi seperti adanya departemen-departemen, pengurus-pengurus dan lain sebagainya. Implementasi yang dilaksanakan dalam program pengabdian di pondok pesantren Mamba’us Sholihin adalah seperti halnya menjadi pengurus di dalam departemen-departemen yang sudah di konsep dalam sebuah struktur. Dalam kehidupan sosial dikenal dengan bentuk tata aturan yang disebut norma. Norma dalam kehidupan sosial merupakan nilai-nilai luhur yang menjadi tolak ukur tingkah laku sosial. Dalam kaitannya dengan perilaku keagamaan siswa penulis mengartikan bahwasannya perilaku keagamaan siswa dapat diartikan sebagai tingkah laku atau perbuatan siswa yang berpedoman pada ajaran agama yang memuat norma-norma yang mengacu kepada pembentukan kepribadian dan keserasian hubungan sosial dalam upaya memenuhi ketaatan kepada Dzat yang supernatural. Sangat berpengaruh sekali. Proses pengabdian ini adalah proses menempa santri sebelum mereka benar-benar terjun kedalam masyarakat. Seorang santri dilatih untuk menghadapi problematika yang kompleks, misalnya gimana caranya agar santri disiplin, gimana caranya biar santri itu tunduk pada peraturan, gimana bersikap ketika berhadapan dengan berbagai kalangan seperti asatidz, guru, atau teman. Ketika santri bisa melaksanakan program moral dan structural dengan baik maka pengaruh program pengabdian dalam peningkatan perilaku santri akan kentara (terlihat) sekali, akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozi, Much. Khoirurkhoirurrozi02@gmail.comD91216110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFuad, A. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Santri
Keywords: Program pengabdian; Perilaku santri.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Much. Khoirur Rozi
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:35
Last Modified: 13 Oct 2020 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44539

Actions (login required)

View Item View Item