تأثير البيئة اللغوية على تعليم اللغة العربية: دراسة المقارنة بين المعهد "بيت الأرقم جمبر" والمعهد "الكوثر" سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudi, M. Hafidz (2020) تأثير البيئة اللغوية على تعليم اللغة العربية: دراسة المقارنة بين المعهد "بيت الأرقم جمبر" والمعهد "الكوثر" سيدوارجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Hafid Mahmudi _F12618275.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Pengaruh Lingkungan Berbahasa Arab dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan komunikatif, dari kedua Pesantren tersebut peneliti menemukan adanya perbedaan: 1). Pondok Pesantren Baitul Arqam Jember dan al-Kautsar Sidoarjo menggunakan lingkungan Bahasa buatan., 2). Pengaruh lingkungan berbahasa Arab terhadap kemahiran Bahasa siswa memiliki dampak yang sangat besar, hal ini terbukti dengan melihat hasil tes, hasil tes menunjukkan bahwa Pondok al-Kautsar Sidoarjo mendapat skor tertinggi 90 dari Pondok Baitul Arqam Jember memperoleh nilai 60. Jadi lingkungan kebahasaan di Pondok al-Kautsar Sidoarjo lebih besar daripada Pondok Baitul Arqam Jember., 3). Kelemahan lingkungan Bahasa di Baitul Arqam Jember adalah kurangnya kesadaran Siswa dalam penerapan lingkungan Bahasa, sedangkan keunggulan lingkungan Bahasa di Pesantren ini adalah adanya lingkungan Bahasa di sekitar tempat tinggal siswa, sedangkan kekurangan dari lingkungan Bahasa di Pondok Pesantren al-Kautsar Sidoarjo yaitu kurangnya pembenaran kalimat, kelebihan lingkungan Bahasa di Pondok al-Kautsar Sidoarjo adalah para pegawai dan guru memberikan contoh berbicara Bahasa Arab di depan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudi, M. Hafidzhafidzmahmudi6@gmail.comF12618275
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com198503142015031003
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Pengaruh lingkungan bahasa; تأثير البيئة اللغوية
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hafid Mahmudi
Date Deposited: 15 Oct 2020 08:49
Last Modified: 15 Oct 2020 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44546

Actions (login required)

View Item View Item