Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe talking chips-group investigation (TCGI) berbasis etnomatematika untuk melatih komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Elvin (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe talking chips-group investigation (TCGI) berbasis etnomatematika untuk melatih komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elvin Azizah_D74216047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Pada kenyataannya, komunikasi matematis yang dimiliki siswa masih rendah. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan inovasi baru dalam proses pembelajaran yaitu perangkat pembelajaran matematika yang menggabungkan dua tipe dari model pembelajaran Kooperatif untuk melatih komunikasi matematis siswa. Dua tipe tersebut memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berbicara serta menyampaikan ide atau gagasan, dan ikut serta dalam mencari bahan yang sudah tersedia dalam proses pembelajaran. Peneliti juga menghubungkannya dengan Situs atau Petilasan Giri Kedaton yang terdapat di Kota Gresik. Dimana ada yang menghubungkan konsep matematika dengan budaya yang ada di sekitar. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan proses pengembangan, serta mengukur kevalidan dan kepraktisan dari perangkat pembelajaran matematika model Kooperatif tipe Talking Chips-Group Investigation (TCGI) berbasis etnomatematika untuk melatih komunikasi tertulis matematis siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan buku saku pada materi segiempat sub bab persegipanjang dan persegi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan (field note) yang digunakan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, dan teknik validasi ahli yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Diperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran bahwa guru masih menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Dilanjutkan dengan pembuatan prototipe RPP model kooperatif tipe Talking Chips-Group Investigation (TCGI) berbasis etnomatematika untuk melatih komunikasi matematis siswa dan buku saku. Hasil penelitian tentang data kevalidan diperoleh dengan nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,44, dan untuk buku saku sebesar 4,44. Selanjutnya untuk data kepraktisan diperoleh bahwa perangkat yang dikembangkan tergolong praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Elvinelvinazizah54@gmail.comD74216047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id197411042008012008
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Komunikasi
Matematika
Keywords: Pengembangan; kooperatif; TCGI; etnomatematika; komunikasi matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Elvin Azizah
Date Deposited: 14 Oct 2020 01:30
Last Modified: 14 Oct 2020 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44547

Actions (login required)

View Item View Item