Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mendesain model pembelajaran berbasis literasi digital: studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilhamah, Dwi Fatayatin (2020) Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mendesain model pembelajaran berbasis literasi digital: studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Fatayatin Ilhamah_F02318078.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abad ini perkembangan teknologi semakin mengesankan dimana disrupsi yang dibawa oleh era daring dapat menumbuhkan kreativitas-kreativitas yang ada dalam diri manusia, disaat untuk membeli makanan kita tidak perlu lagi keluar dari rumah, untuk melakukan transaksi pembayaran tidak perlu lagi pergi ke bank atau atm, melainkan cukup dengan menekan layar smart phone maka barang dan tagihan secara otomatis berada digenggaman kita, lantas dimana peran guru dalam mengawal ledakan teknologi?. Tujuan penelitian: 1) Menganalisis kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mendesain model pembelajaran berbasis literasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. 2) Menganalisis tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam mendesain model pembelajaran berbasis literasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mendesain model pembelajaran berbasis digital literasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto sudah baik, hal ini ditunjukkan melalui kemampuan guru dalam menciptakan ide baru untuk mendesain model pembelajaran yang kreatif, bentuk kreativitas guru dalam memanfaatkan media digital kedalam proses pembelajaran yang cukup menarik sehingga proses pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif, menarik, dan menyenangkan. 2) Tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam mendesain model pembelajaran berbasis digital literasi, yaitu: (a) mengembangkan intelektualitas, (b) adaptif dalam dalam segala perubahan, (c) up-to-date terhadap bidang pendidikan maupun teknologi, (d) konsistensi dalam menjalankan tugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilhamah, Dwi Fatayatindwi.fatayatin.gmail.comF02318078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com2027127301
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Kreativitas guru; Model pembelajaran; Literasi digital; Media sosial.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dwi fatayatin
Date Deposited: 14 Oct 2020 05:33
Last Modified: 14 Oct 2020 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44555

Actions (login required)

View Item View Item