Kualitas hadis dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim karya KH. Hashim Ash’ari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahdiyah, Nahdiyah (2019) Kualitas hadis dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim karya KH. Hashim Ash’ari. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nahdiyah_F02817246.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seorang ‘alim yang terkenal dalam berbagai aksi perjuangan kemerdekaan, Kh. Hashim Ash’ari juga adalah seorang ahli hadis. Sanadnya tesambung sampai kepada al-Bukhari. Beberapa karya beliau yang tidak lepas dari al-Quran dan hadis. Dalam kajian ini, membahas beberapa hadis di dalam salah satu kitab fenomenalnya yakni, Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim. Kebanyakan para intelek mengerti Kh. Hashim hanya sebagai tokoh Nasionalis, oleh karenanya tidak sedikit yangmenilai bahwa hadis-hadis yang dinukil dalam kitab-kitab karyanya bestatus lemah. Dari sini mulailah keinginan untuk menulusuri apakah asumsi tersebut benar kiranya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode lebrary research, diaman yang menjadi acuan ialah data-data, dokumen-dokumen, yang telah ada dari objek yang akan diteliti, guna untuk dikembangkan dan ditemukan sebuah titik temu yang akan menjawab permasalahan di atas. Beberapa rumusan masalah diantaranya ialah: 1. Bagaimanakah kualitas hadis dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim, 2. Bagaimanakah dampak hujjah dari hadis dalam kitab Adab al’Alim wa al-Muta’alim. Melihat kitab di atas ialah fokus pembahasan tentang etika belajar mengajar dan terhadap ala-alat belajar, sudah pasti isi hadis dalam kitab tersebut bertemakan tentang menuntut ilmu, akhlak menuntu ilmu, akhlak seorang alim dan sejenisnya. Sekalipun sekilas beberapa hadisnya bermasalah, apakah lantas tidak dapat dipetik pelajaran dari maknanya? Hal ini yang juga akan jadi fokus peneliti untuk menjawab hati dan pikiran para talibin yang sedang bergejolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahdiyah, Nahdiyahnahdiyah26@gmail.comF02817246
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhurilimatiga@gmail.com2010045302
Subjects: Hadis
Keywords: Hadis; Adab; Kh. Hashim Ash’ari.
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Nahdiyah Nahdiyah
Date Deposited: 15 Oct 2020 12:03
Last Modified: 15 Oct 2020 12:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44559

Actions (login required)

View Item View Item