Penggunaan strategi pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan pemahaman siswa materi keberagaman rumah adat tradisional di Indonesia mata pelajaran IPS kelas Va MIN 2 kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puasawati, Laili (2020) Penggunaan strategi pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan pemahaman siswa materi keberagaman rumah adat tradisional di Indonesia mata pelajaran IPS kelas Va MIN 2 kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Puasawati_D97216057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman materi Keberagaman Rumah Adat Tradisional di Indonesia. Hal ini dibuktikan pada saat wawanvara dengan guru pengampu pembelajaran Tematik bahwa guru menggunakan metode ceramah, membaca, dan menulis sehingga mayoritas siswa kurang aktif saat pembelajaran dan kurang memahami pelajaran yang diajarkan. Hal ini dibuktikan dari hasil pre test menunjukkan bahwa dari 30 siwa hanya 10 siswa yang memenuhi Kriteria Ketentuan Minimal (KKM) sehingga preentae Ketuntaan Pemahaman yakni 34% (Sangat Kurang) dengan nilai rata-rata 54.3 (Kurang Baik). Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siwa yaitu melalui strategi pembelajaran card sort. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran card sort dalam meningkatkan pemahaman materi Keberagaman Rumah Adat Tradisional di Indonesia mata pelajaran IPS pada siswa kelas VA MIN 2 Kota Surabaya ? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi Keberagaman Rumah Adat Tradisional di Indonesia mata pelajaran IPS melalui strategi pembelajaran card sort pada siswa kelas VA MIN 2 Kota Surabaya ?. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Curt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu , 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Obervasi, dan 4) Refleksi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obervasi, tesr, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar obervasi aktivitas guru dan siswa, lembar butir soal pilihan gana, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan strategi pembelajaran card sort dapat dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat diketahui dari peningkatan skor hasil obervasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 77.38 (Cukup) menjadi 88.09 (Baik) pada siklus II. Sedangkan hasil obervasi siswa pada siklus I memperoleh skor 70.23 (Cukup) meningkat menjadi 85.71 (Baik). 2) Pemahaman materi keberagaman rumah adat di Indonesia penerpan strategi card sort mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siklus I yaitu 74.5 (Cukup) meningkat menjadi 90 (Baik) pada siklus II dengan presentase Ketuntasan Pemahaman 66% (Cukup) meningkat menjadi 86% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puasawati, Laililaili09011998@gmail.comD97216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Peningkatan pemahaman; IPS; Keberagaman rumah adat tradisional di Indonesia; Strategi card sort.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laili Puasa Wati
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:38
Last Modified: 15 Oct 2020 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44568

Actions (login required)

View Item View Item