Analisis gender terhadap ilustrasi teks dan ilustrasi gambar dalam buku pelajaran bidang Studi Akidah Akhlak MTS kelas IX Penerbit Kementerian Agama tahun 2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufik, Favian Rizky (2020) Analisis gender terhadap ilustrasi teks dan ilustrasi gambar dalam buku pelajaran bidang Studi Akidah Akhlak MTS kelas IX Penerbit Kementerian Agama tahun 2016. Undergraduate thesis, Sunan Ampel State Islamic University.

[img] Text
Favian Rizky Taufik_D91216098.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Intruksi Presiden No. 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional dimana kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi penting mengingat ketimpangan gender di Indonesia masih sangat kuat sehingga Pemerintah berupaya melakukan strategi pengarusutamaan gender dalam pembangunan Nasional. Dalam konteks pendidikan, penyajian buku – buku pelajaran di sekolah dipandang perlu dalam memperhatikan aspek gender sebab buku – buku teks yang tidak berwawasan gender justru akan melanggengkan ketimpangan gender itu sendiri dan menghambat upaya pembangunan nasional. Oleh sebab itu, diperlukan analisis gender terhadap buku teks yang selama ini beredar dan digunakan dalam proses pembelajaran yakni meliputi; kesetaraan gender, netral gender, dan bias gender. Penelitian – penelitian yang mengkaji gender terhadap buku teks pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan menjadi sebuah informasi dan rekomendasi yang solutif bagi para pihak terkait penerbit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan metode analisis konten, yaitu mengumpukan data ilustrasi teks dan ilustrasi gambar pada buku pelajaran tersebut kemudian dianalisis dalam perspektif gender. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dekskriptif-kualitatif yakni analisis dan hasil penelitian disajikan dalam bentuk kata – kata. Buku teks yang dianalisis dalam perspektif gender dalam penelitian ini adalah buku pelajaran bidang studi Akidah Akhlak MTs kelas IX Penerbit Kementerian Agama Tahun 2016. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni; 1) mengetahui dan memahami konsep gender dalam perspektif Pendidikan Islam, 2) menganalisis kesetaraan gender, netral gender, dan bias gender terhadap ilustrasi teks dalam buku pelajaran bidang studi Akidah Akhlak MTs kelas IX penerbit Kementerian Agama tahun 2016, 3) menganalisis kesetaraan gender, netral gender, dan bias gender terhadap ilustrasi gambar dalam buku pelajaran bidang studi Akidah Akhlak MTs kelas IX penerbit Kementerian Agama tahun 2016. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) gender merupakan pembedaan peran pada masing – masing jenis kelamin berdasarkan konstruksi sosial – budaya yang bersifat dinamis sehingga bukanlah suatu kodrat. Pembedaan peran gender bukanlah masalah sepanjang tidak menghasilkan ketidakadilan, namun fakta dilapangan seringkali menunjukan sebaliknya. Islam sebagai sebuah sistem nilai kehidupan berdasarkan al – Qur’an dan Sunnah tidak menghendaki adanya pembedaan jenis kelamin yang menghasilkan ketidakadilan gender. Sedangkan Pendidikan Islam menjadi wadah dalam mewujudkan suatu tatanan sosial yang adil gender melalui kukrikulum dan buku ajar dalam pembelajaran, 2) Dalam ilustrasi teks, terdapat beberapa sajian kalimat yang menunjukan kesetaraan dimana melibatkan dua jenis kelamin sekaligus, sementara beberapa kalimat yang lain terdapat beberapa sajian kalimat yang menunjukan netral gender dengan penggunaan kalimat yang umum dalam berdasarkan konteknya sehingga tidak mengarah pada kesetaraan maupun bias gender. Adapun bias gender yang menunjukan keberbihakan pada salah satu jenis kelamin saja hanya terdapat pada satu sajian kalimat saja, 3) Dalam ilustrasi gambar, terdapat beberapa sajian gambar yang menunjukan kesetaraan dimana melibatkan dua jenis kelamin sekaligus dalam satu aktivitas, sementara beberapa sajian gambar yang lain menunjukan netral gender dimana gambar disajikan sesuai pada konteksnya dalam bentuk abstrak sehingga tidak menunjukan kesetaraan maupun bias, dari sisi bias gender terdapat beberapa sajian gambar yang berpihak kepada salah satu jenis kelamin dengan hanya memunculkan satu jenis kelamin saja berdasarkan stereotype dan subordinasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufik, Favian Rizkyfavianrizky99@yahoo.comD91216098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorFaizin, Mohammadfaizin7172@gmail.com2015087202
Subjects: Gender
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Analisis; Gender; Ilustrasi Teks; Ilustrasi Gambar; Buku Pelajaran; Bidang Studi Akidah Akhlak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Favian Rizky
Date Deposited: 15 Oct 2020 12:59
Last Modified: 15 Oct 2020 12:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44576

Actions (login required)

View Item View Item