Peran yayasan yatim piatu dalam meningkatkan kesejahteraan anak asuh: studi deskriptif di yayasan yatim piatu Al – Musthofa, Dusun Legi, Desa Pepelegi, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surtikah, Ika Hemas (2020) Peran yayasan yatim piatu dalam meningkatkan kesejahteraan anak asuh: studi deskriptif di yayasan yatim piatu Al – Musthofa, Dusun Legi, Desa Pepelegi, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Hemas Surtikah_I03216009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yayasan yatim piatu Al – Musthofa terletak diantara perkampungan, yang mana warganya berpenghasilan menengah ke bawah dan mayoritas anggota keluarganya mempunyai anak lebih dari satu. Dengan kondisi yang seperti ini maka bu Bambang mendirikan sebuah yayasan yang bernama Al –Musthofa, dimana anak asuhnya tidak bertempat tinggal di yayasan tersebut, tetapi di rumahnya masing – masing, sehingga dengan keadaan yang seperti ini maka yayasan Al – Musthofa berusaha untuk memperbaiki kondisi tersebut, serta berkomitmen dalam membantu anak asuhnya baik itu berupa kebutuhan finansial, psikologis, spiritual maupun kebutuhan jasmani. Permasalahan yang dikaji dalam peneitian ini adalah 1. Bagaimana upaya yayasan yatim piatu Al – Musthofa dalam meningkatkan kesejahteraan anak asuh ?. 2. Apa faktor pendukung dan penghambat yayasan yatim piatu Al – Musthofa dalam meningkatkan kesejahteraan anak asuh ?. sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui upaya yayasan yatim piatu Al – Musthofa dalam meningkatkan kesejahteraan untuk anak asuh, serta untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat yayasan yatim piatu Al – Musthofa dalam meningkatkan kesejahteraan anak asuh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat peran yayasan yatim piatu dalam meningkatkan kesejahteraan anak asuh adalah teori Struktural Fungsional oleh Talcott Parsons. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa upaya yang dilakukan yayasan dalam meningkatkan kesejahteraan anak asuh ialah dengan memenuhi kebutuhan hidup mereka khususnya dari segi pendidikan. Seperti pembagian uang SPP setiap bulan maupun perlengkapan sekolah, serta berbagai kebutuhan pokok lainnya seperti sembako. Faktor penghambat yayasan dalam meningkatkan kesejahteraan anak asuh ialah kurangnya donatur yang berkesinambungan untuk melengkapai berbagai kebutuhan anak asuh serta faktor pendorongnya ialah komitmen yayasan untuk memberikan kebahagiaan dan keceriaan bagi anak asuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Surtikah, Ika Hemasaohinahinata@gmail.comI03216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmal, Taufiqamal_taufiq@yahoo.co.id197008021997021001
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Organisasi Masyarakat
Sosiologi
Keywords: Yayasan; Kesejahteraan; Anak Asuh.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: ika hemas
Date Deposited: 16 Oct 2020 01:58
Last Modified: 16 Oct 2020 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44581

Actions (login required)

View Item View Item