Nilai kasih sayang dalam Komik Digital “Bingkai Titik”: analisis semiotika Charles Sander Pierce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Vaulia (2020) Nilai kasih sayang dalam Komik Digital “Bingkai Titik”: analisis semiotika Charles Sander Pierce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vaulia Putri_B76216112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komik digital semakin populer dikalangan masyarakat. Setidaknya dalam sehari ada sekitar 13 juta pembaca komik digital. Disisi lain, keluarga Indonesia jauh akan kesan keluarga ideal. Banyak sekali kasus perceraian dan KDRT, setidaknya terdapat 2.569 kasus kekerasan terhadap anak dan 1.717 kasus TPPO dan eksploitasi tenaga anak sepanjang tahun 2020. Pengadilan Agama di Cianjur menyebutkan, selama periode Januari-Juni 2020 perceraian mencapai 2049 kasus. Semua kasus itu terjadi karena kurangnya kasih sayang di dalam keluarga. Komik bingkai titik hadir di tengah masyarakat untuk menyampaikan pesan sosial mengenai kasih sayang kepada masyarakat luas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana nilai kasih sayang dipresentasikan dalam komik digital bingkai titik”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk memahami dan mendeskripsikan nilai kasih sayang yang dipresentasikan dalam komik digital bingkai titik. Adapun manfaat penelitian ini secara teoritis, diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumbangan ilmiah dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan menjadi acuan bagi peneliti lain terutama dengan komik sebagai media penyampaian pesan. Secara praktis diharapkan penelitian ini menjadi acuan dan kesadaran bagi masyarakat agar selalu memilah komik sebelum membaca. Dalam metode penelitian, Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan interpretatif dengan jenis penelitian kualitatif analisis teks media. Unit analisis dari penelitian ini adalah scene yang diambil dari komik digital bingkai titik. Jenis data yang digunakan berbentuk deskriptif yang dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Temuan hasil penelitian menyatakan bahwa nilai kasih sayang terdiri dari perhatian, pengabdian, dan cinta. Perhatian diwujudkan dengan kepedulian, menasehati, dan memotivasi. Pengabdian diwujudkan dengan merawat dan bertanggung jawab. Cinta ditunjukkan dengan ketulusan dan pengorbanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Vauliavauliaputri@gmail.comB76216112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Nilai kasih sayang; Komik digital.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Vaulia Putri
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:28
Last Modified: 16 Oct 2020 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44586

Actions (login required)

View Item View Item