Makna jilbab dalam buku “Muslimah Yang Diperdebatkan” karya Kalis Mardiasih

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ani, Wihdi Luthfi (2020) Makna jilbab dalam buku “Muslimah Yang Diperdebatkan” karya Kalis Mardiasih. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wihdi Luthfi Ani_B91216107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang makna jilbab yang terdapat dalam buku Muslimah Yang Diperdebatkan karya Kalis Mardiasih tepatnya dalam dua esai yang berjudul “Jilbabku Bukan Simbol Kesalehan” di mana terdapat kalimat yang seakan bertentangan dengan yang selama ini tertanam bahwa salah satu bentuk ketaatan seorang muslimah adalah mengenakan jilbab, dan esai “Selembar Kain Kerudung di Kepala Politikus Perempuan” dituliskan bagaimana pemaknaan kerudung antara fashion dan kewajiban. Untuk mengetahui makna jilbab yang ada pada kedua esai tersebut, maka muncul pertanyaan, yakni : Bagaimana makna jilbab dalam esai yang berjudul “Jilbabku Bukan Simbol Kesalehan dan makna jilbab dalam esai yang berjudul “Selembar Kain Kerudung Di Kepala Politikus Perempuan”? Dalam menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian analisis teks media dengan model analisis wacana teori Teun A. Van Dijk. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan observasi. Makna jilbab dalam esai “Jilbabku Bukan Simbol Kesalehan” yakni jilbab adalah identitas agama Islam ketika dikenakan oleh perempuan muslim namun jilbab bukanlah identitas personal. Sementara, makna jilbab yang terdapat dalam esai “Selembar Kain Kerudung di Kepala Politikus Perempuan” yakni jilbab dipandang selayaknya pakaian kesopanan yang dapat dipakai oleh siapa saja tanpa ada muatan nilai tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ani, Wihdi Luthfiwihdi.luthfi23@gmail.comB91216107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Akhlak
Budaya - Agama
Emansipasi wanita
Keywords: Jilbab; Kerudung; Perempuan; Kalis Mardiasih; Wacana; Muslimah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs. Wihdi Luthfi Ani
Date Deposited: 17 Oct 2020 06:21
Last Modified: 17 Oct 2020 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44600

Actions (login required)

View Item View Item