Manhaj Haraki Sayyid Husein Fadlullah dalam pembacaan ayat-ayat pluralistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosalnia, Rika Leli Dewi Khusaila (2020) Manhaj Haraki Sayyid Husein Fadlullah dalam pembacaan ayat-ayat pluralistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Leli Dewi Khusaila Rosalnia_E93216083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Produksi makna terhadap teks yang hadir pada masa lalu dan dibaca pada masa sekarang bahkan yang akan datang menuntut para mufasir agar kreatif dalam memberi makna baru terhadap ayat Alquran yang sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Dalam hal ini, metodologi penafsiran menjadi hal krusial dalam tradisi tafsir, yang mana akan berdampak pada produksi makna terhadap ayat-ayat Alquran. Suatu metode tidak terlepas dari asumsi, teori, konsep serta prosedur. Sebagaimana metode/manhaj yang digunakan Sayyid Fad}lullah dalam tafsir Tafsi>r Min Wah}yi Alquran, yaitu manhaj h}araki (metode pergerakan). Pembahasan ini fokus pada konstruk manhaj h}araki dalam Tafsi>r Min Wah}yi Alquran. Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan jenis penelitian library research, di mana sumber data yang digunakan adalah dokumentasi yang mengacu pada tema kajian. Analisis data dengan metode analisis-deskriptif digunakan untuk mengupas serta menggambarkan konstruk manhaj h}araki Sayyid Fad}lullah. Hasil penelusuran mengungkapkan bahwa konstruk manhaj h}araki Sayyid Fad}lullah sesuai dengan orientasinya, yakni menghidupkan intisari Alquran dalam kehidupan. Asumsi dasarnya adalah Alquran tidak memiliki makna yang beku/stagnan (tatajammad), tetapi bergerak atau bermanufer (kalima>t tatah}arrak). Kerangka manhaj h}araki berimplikasi secara signifikan terhadap pola pembacaannya. Sebagaimana sampel pada penelitian ini, yakni ayat-ayat pluralistik. Implikasinya terlihat ketika Sayyid Fad}lullah merepresentasikan kaidah-kaidah h}araki dan kontekstualisasi yang sesuai dengan kemurnian ayat dalam membaca suatu ayat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosalnia, Rika Leli Dewi Khusailamarikalania11@gmail.comE93216083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Thesis advisorFaruq, Umarumarfaruq@uinsby.ac.id2005076201
Subjects: Pluralisme
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Manhaj haraki; Tafsir Min Wahyi Alquran; pluralistik.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rika Leli Dewi Khusaila Rosalnia
Date Deposited: 19 Oct 2020 10:27
Last Modified: 19 Oct 2020 10:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44616

Actions (login required)

View Item View Item