Analisis hukum Islam terhadap jual beli caption di akun Instagram @Zarhendrik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najihuddin, Muhammad (2020) Analisis hukum Islam terhadap jual beli caption di akun Instagram @Zarhendrik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Najihuddin_C92215174.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Praktik jual beli caption diakun instagram @zarhendrik adalah bisnis jual beli dalam sektor penulisan atau perangkaian kata yang bergerak dalam bidang usaha jual beli produk untuk personal maupun komersil dan menerima pesanan berupa caption, personal chatting, surat, puisi, tagline brand, kata dalam benda atau quotes, dll. Kedua, Kedua, Berdasarkan teori jual beli praktik jual beli caption di akun instagram @zarhendrik sudah sah menurut hukum islam karena rukun dan syarat sudah terpenuhi. sedangkan menurut teori salam objek transaksi yang diperjualbelikan terdapat ketidakjelasan mengenai kadar dari objek tersebut,. karena ada ketidak jelasan terhadap kadar pada barang yang dijual dan barang masih belum ada ditangan penjual, maka jual beli tersebut menjadi rusak (fasid). Pada akhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan bagi penjual yang melakukan bisnis ini sebaiknya tidak melakukan tindakan yang merugikan bagi pihak pembeli, karena berdampak terhadap bisnisnya. Dan seharusnya segala ketentuan mengenai transaksi sudah dijelaskan diawal akad tanpa harus merubahnya. Bagi pembeli atau pemesan harus lebih hati-hati dalam bertransaksi di dunia online, harus teliti juga dalam melakukan akadnya, serta pandai dan cermat memilih penjual online di instagram agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan dirinya sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najihuddin, Muhammadnajihuddin88@gmail.comC92215174
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: instagram; caption.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Najihuddin
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:03
Last Modified: 19 Oct 2020 06:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44645

Actions (login required)

View Item View Item