Strategi peningkatan okupansi (tingkat hunian rawat inap pasien) di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dalam perspektif ekonomi islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Nur (2020) Strategi peningkatan okupansi (tingkat hunian rawat inap pasien) di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dalam perspektif ekonomi islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Anwar_F02418157.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan melakukan penarikan verifikasi. Strategi penerapan standar operasional Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dalam pelaksanaanya menggunakan pedoman yang telah di tetapkan oleh fatwa DSN-MUI No.107/DSN-MUI/X/2016 yaitu tentang pedoman penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah Islam. Prinsip-prinsip syariah yang terdapat dalam fatwa tersebut diantaranya mengenai Akad di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, Pelayanan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, Ketentuan terkait penggunaan obata-obatan, makanan dan minuman, Serta ketentuan terkait penempatan, pengunaan, dan pengembangan dana. fatwa DSN-MUI tersebut telah dijalankan secara efektif di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dengan tujuan agar pasien memberikan kepercayaan penuh kepada rumah sakit didalam memberikan pelayanan kesehatan, yang dampaknya akan meningkatkan jumlah pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Strategi pemasaran Islami di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, Strategi yang digunakan oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan sudah sesuai dengan teori pemasaran Islami seperti: Teitis (robbaniyah), Etis (akhlaqiyyah), realistis (al waqiiyah), dan humanistis (al insaniyyah). Dengan melakukan penerapan strategi-strategi Islami tersebut diharapkan kegiatan layanan kesehatan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan mengalami kesuksesan baik didunia maupun di akhirat. Saran dari penelitian ini Perlu adanya strategi perluasan wilayah dengan membuka cabang di daerah atau lokasi lain karena pangsa pasar masih sangat luas, karena pasien potensial yang ada masih belum semuanya terjangkau oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Meningkatkan promosi dengan sarana media yang lebih banyak lagi agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, serta menjaga kualitas hubungan dengan pasien agar tetap menjadi prioritas dan tetap dipercaya dalam melakukan layanan kesehatan. Untuk penerapan operasional Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan diharapkan tetap Istiqomah dalam menerapkan prinsip syariah Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Nurnur91anwar@gmail.comF02418157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, Syaiful--2025095501
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Strategi; Okupansi; Rumah sakit.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Anwar
Date Deposited: 24 Oct 2020 04:12
Last Modified: 24 Oct 2020 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44657

Actions (login required)

View Item View Item