Pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMPN 31 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Holilurrohman, Moch. (2020) Pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMPN 31 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Holilurrohman_F12318125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMPN 31 Surabaya. Adapun rumusan masalah yag terdapat dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi pembentukan karakter religius siswa di SMPN 31 Surabaya; 2) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 31 Surabaya; Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 31 Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknil pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka hasil yang didapatkan adalah bahwa strategi pembentukan karakter religius siswa di SMPN 31 Surabaya dapat diterapkan melalui beberapa cara baik pada saat kegiatan pembelajaran maupun diluar jam pelajaran atau kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Adapun implementasi kegiatan ektrakurikuler keagamaan yang diadakan oleh SMPN 31 Surabaya adalah shalat Dhuha berjama’ah, Doa bersama sebelum memulai pelajaran, shalat wajib berjama’ah, istighotsah bersama, program baca tulis al-Qur’an, kegiatan hari besar Islam, program Jum’at berbagi. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan tersebut tentunya ada seperti masih terdapat sebagian siswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut dan juga sebagian sarana prasarana yang belum memadai. Adapun upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah dengan mendiskusikannya dengan wali kelas, kemudian BK dan disertai dengan mengundang orangtua atau wali murid untuk menjalin komunikasi yang lebih mendalam terkait permasalahan yang dihadapi dan juga melakukan kordinasi dengan takmir masjid yang terletak berada di sebelah sekolah apabila terdapat hambatan dalam kegiatan keagamaan dalam jumlah berskala besar seperti peringatan hari besar Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Holilurrohman, Moch.moch.holilurrohman@yahoo.comF12318125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Karakter Religius; Ekstrakurikuler; Keagamaan.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd.I Moch. Holilurrohman
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:51
Last Modified: 21 Oct 2020 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44682

Actions (login required)

View Item View Item