Pesan moral dalam film Udah Putusin Aja: analisis semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhidayati, Hesti (2020) Pesan moral dalam film Udah Putusin Aja: analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hesti Nurhidayati_B76216094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk mendeskripsikan persoalan itu, peneliti menggunakan metode analisis semiotika model Charles Sanders Peirce dengan pendekatan kritis dalam bingkai teori norma budaya. Hasil dari penelitian ini adalah representasmen (tanda) pesan moral digambarkan pada dialog dari para pemain. Selanjutnya, objek merupakan sesuatu yang direpresentasikan. Dalam kaitannya, objek disini terlihat pada gaya bicara, gestur tubuh dan dialog pesan moral yang muncul sebagai tanda lalu diproses oleh peneliti dan kemudian hasilnya disimpulkan menggunakan bahasa peneliti. Selanjutnya, interpretant merupakan interpretasi seseorang tentang tanda. Interpretant pesan moral dalam film ini merupakan penafsiran peneliti yang dihasilkan dari representasmen. Sehingga didapat kesimpulan pesan moral dalam Film Udah Putusin Aja yaitu: selalu mengucapkan salam, memakai jilbab, tidak bersentuhan dengan yang bukan muhrim, menjaga kehormatan bagi muslimah, saling tolong menolong, mengingatkan tentang kematian, larangan berpacaran, tidak berburuk sangka terhadap rencana Allah SWT, dan meminta maaf dan saling memaafkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhidayati, Hestihestinur226@gmail.comB76216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Lilikelham73iain@yahoo.com2017127301
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Pesan moral; Film; Semiotika Charles Sanders Peirce.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hesti Nurhidayati
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:32
Last Modified: 23 Oct 2020 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44705

Actions (login required)

View Item View Item