Strategi BAZNAS Kabupaten Bangkalan dalam menarik minat dan kepercayaan muzakki dalam membayar zakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nur (2020) Strategi BAZNAS Kabupaten Bangkalan dalam menarik minat dan kepercayaan muzakki dalam membayar zakat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini - F02418156.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, triangulasi serta analisis swot sebagai alat menganalisis strategi Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangkalan dalam menarik minat dan kepercayaan muzakki. Melalui penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, perilaku muzakki di Bangkalan mayoritas memilih untuk membayar zakat langsung kepada mustahiq, dikarenakan kurangnya informasi mengenai Baznas Bangkalan, menjadi lebih puas, lega dan percaya ketika membayar zakat langsung kepada mustahiq, ingin memakmurkan kerabat atau orang sekitar yang masih tergolong mustahiq. Kedua, Badan Amil Zakat Nasional Bangkalan berada pada kuadran I (growth) dengan nilai (0,475;1,355) serta berada di sel I (tumbuh dan kembangkan) dimana Baznas Bangkalan berada pada titik kuat dan tinggi dengan strategi intensif melalui penetrasi pasar, pengembangan jasa atau integratif Saran dari penelitan ini hendaknya Baznas Bangkalan memaksimalkan promosi atau pengenalan Baznas Bangkalan melalui pimpinan daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, website resmi, sosial media, media digital lainnya; mempertimbangkan harapan atau saran muzakki yang menyarankan mustahiq sekitar sehingga memperluas jangkauan Baznas Bangkalan; publikasi yang dilakukan setiap bulan dan akhir tahun akan lebih menarik apabila juga dilakukan pada website resmi Baznas Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nurnurainichymt@gmail.comF02418156
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, A. Faishalfaishalhaq50@gmail.com2020055001
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Zakat
Amil Zakat
Keywords: Muzakki behavior; Strategy; and interest in trust.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Nur Aini
Date Deposited: 22 Oct 2020 11:26
Last Modified: 22 Oct 2020 11:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44706

Actions (login required)

View Item View Item