مقارنة الكتاب لتعليم مهارة القراءة العربية :دراسة مقارنة بين استعمال كتاب الاكتشاف بمعهد فونجاء دار السلام فلنجاغن باميكاسن وكتاب المطالعة العربيّة بمعهد الأمين سومنب

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramdhani, Ainurahman (2020) مقارنة الكتاب لتعليم مهارة القراءة العربية :دراسة مقارنة بين استعمال كتاب الاكتشاف بمعهد فونجاء دار السلام فلنجاغن باميكاسن وكتاب المطالعة العربيّة بمعهد الأمين سومنب. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainurrahman Ramdhani_F02617191.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penggunaan buku al-Iktisyaf dan al-Mutholaah al-Arabiyah dalam pembelajaran keterampilan berbicara arab. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campunan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah : (1) Obsevasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi ( 4) Tes. Penelitian ini adalah studi perbandingan buku untuk mengajarkan keterampilan membaca bahasa Arab dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penyajian materi dalam buku al iktisyaf di Pondok Pesantren Puncak Darus Salam Palengaan Pamekasan adalah metode tradisional yang dimulai dari memberikan contoh dalam bentuk kalimat kalimat dari buku open near dan kemudian memberikan poin utama Dalam diskusi, memberikan puisi tentang subjek diskusi, memberikan aturan tata bahasa pada topik diskusi, dan akhirnya menyajikan aturan morfologis yang diambil dari buku contoh. Dan metode penyajian materi dalam buku al mutholaah al arabiyah di Al-Amin sumenep adalah metode di didalamnya ada tiga elemen, termasuk pengantar dan kegiatan utama, yaitu membuang materi dengan cara yang menarik dan menyimpulkan. Dan disajikan dalam bentuk artikel-artikel dalam bentuk cerita dalam teks Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramdhani, Ainurahmannandawardana82@gmail.comF02617191
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Buku Untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Arab; Penelitian Perbandingan; Penggunaan Buku Al-Iktisyaf; Buku Al-Mutholaah Al- Arabiyah.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ainur Rahman Ramdhani
Date Deposited: 05 Nov 2020 23:29
Last Modified: 05 Nov 2020 23:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44719

Actions (login required)

View Item View Item