Pendidikan karakter melalui program penguatan aqidah generasi emas surabaya (PAGER) dalam menanamkan perilaku religius siswa: Studi Kasus di SMPN 46 Surabaya dan SMPN 56 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fanani, Miftakhul (2020) Pendidikan karakter melalui program penguatan aqidah generasi emas surabaya (PAGER) dalam menanamkan perilaku religius siswa: Studi Kasus di SMPN 46 Surabaya dan SMPN 56 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Fanani _F02316059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter melalui program penguatan aqidah generasi emas Surabaya dalam menenamkan perilaku religius siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana karakter siswa di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya. Bagaimana konsep dan implementasi program Penguatan Aqidah Generasi Emas Surabaya (PAGER) di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya. Bagaimana desain pendidikan karakter melalui program Penguatan Aqidah Generasi Emas Surabaya (PAGER) dalam menenamkan perilaku religius siswa di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya.Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yakni fenomenologis dan interaksi simbolik. Hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian peneliti mengklasifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu data disusun dan di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pendidikan karakter melalui program pager di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya. Karakter siswa pada mulanya kurang baik, sebab latar belakang, lingkungan dan faktor pergaulannya. Akan tetapi, semenjak mengikuti proses pendidikan di sekolah ada perubahan yang mendasar dalam diri pribadi siswa prihal karakter. Perubahan itu dibuktikan dengan pengamalan nilai-nilai karakter yang terpuji dalam kehidupan sehari-sehari. Berkenaan dengan program kegiatan yang ada dalam Penguatan Aqidah Generasi Emas Surabaya atau yang biasa disebut “PAGER” di SMPN 46 dan 56 Surabaya, telah dilaksanakan beberapa program yang dapat diuraikan sebagai berikut: 1.Sambut siswa 2.Shalat dhuha 3.Doa bersama 4.Tilawah al-Qur’an 5.Pembacaan Asmaul husna 6.Shalat dzuhur dan ashar berjamaah 7.Ekstra kurikuler BTQ dan tahfidz 8.Berbagi sedekahDalam pendidikan karakter desain pager meliputi tiga hal, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kedua sekolah tersebut dapat dikatakan sama dalam hal perencanaannya sebab program yang ada sudah ditetapkan oleh dinas pendidikan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fanani, Miftakhulmiftakhul.fanani.27@gmail.comF02316059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan karakter; Program PAGER; Perilaku Religius.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftakhul Fanani
Date Deposited: 30 Oct 2020 01:29
Last Modified: 30 Oct 2020 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44730

Actions (login required)

View Item View Item