Analisis hukum Islam terhadap perjanjian utang piutang dengan kewajiban membayar biaya saat pelunasan di Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilma, Octavia Zidni (2020) Analisis hukum Islam terhadap perjanjian utang piutang dengan kewajiban membayar biaya saat pelunasan di Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Octavia Zidni Ilma_C92216194.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) di Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif, yaitu cara menuturkan dan menguraikan serta menjelaskan terlebih dahulu fakta tentang utang piutang dengan adanya penambahan biaya pelunasan yang selanjutnya dianalisis dengan konsep qard{{ dan riba dalam hukum Islam. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Praktik utang piutang dengan adanya tambahan biaya saat pelunasan di Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban terjadi ketika penerima utang datang ke rumah pemberi utang untuk melakukan pinjaman uang, kemudian kedua belah pihak melakaukan transaksi secara lisan. kedua belah pihak saling mengerti bahwasanya setiap meminjam uang maka adanya biaya tambahan saat pelunasan dan dijelaskan biaya tambahan sesuai dengan pinjaman utang tersebut; dan 2) Menurut hukum Islam, praktik utang piutang dengan adanya tambahan biaya saat pelunasan di Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban tidak sah dilaksanakan karena adanya tambahan biaya saat pelunasan. Praktik tersebut mengandung adanya unsur riba>, sesuai dengan kaidah “kullu qardin jarra manfa’atan fahuwa riba>“ yang artinya “Setiap pinjaman atau utang piutang (qard) yang mengalirkan atau mensyaratkan adanya kelebihan dalam pengembaliannya termasuk dalam kategori riba>”.Dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran kepada: 1) Bagi tokoh agama lebih Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban agar lebih menjelaskan kepada warga, bahwasanya utang piutang adalah perbutaan tolong menolong dan tidak mengharapkan sesuatu dan mengabil manfaat atas pemeberian utang tersebut; 2) Bagi para pihak utang piutang sebaiknya melakukan transaksi sesuai dengan hukum Islam agar akad yang mereka lakukan sah dimata hukum agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilma, Octavia Zidniviazidni@gmail.comC92216194
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Gadai
Hukum Islam > Utang Piutang
Riba
Keywords: Utang piutang; Pelunasan; perjanjian utang piutang; Akad utang piutang.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Octavia Zidni Ilma
Date Deposited: 25 Oct 2020 02:14
Last Modified: 25 Oct 2020 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44743

Actions (login required)

View Item View Item