Analisis hukum Islam terhadap praktik wanprestasi dalam kerjasama usaha fotocopy di lowbudget fotocopy Margorejo kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Moch. Maulana Afrizal (2020) Analisis hukum Islam terhadap praktik wanprestasi dalam kerjasama usaha fotocopy di lowbudget fotocopy Margorejo kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Maulana Afrizal Ardiansyah_C02216043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) di lowbudget fotocopy Margorejo kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif, yaitu cara menuturkan dan menguraikan serta menjelaskan terlebih dahulu fakta tentang wanprestasi kerjasama usaha fotocopy yang selanjutnya dianalisis dengan konsep musyarakah dalam hukum Islam. Hasil dari penelitina ini menyimpulkan bahwa: 1) Praktik kerjasama antara pengelola usaha dengan pemodal di lowbudget fotocopy Margorejo Surabaya, usaha ini beroperasi pada usaha percetakan fotocopy. Besaran modal ialah 60% dari Fani Kurniawan dan 40% dari Vian Nurmita Rezy. Dimana Vian Nurmita Rezy menjadi pemodal sekaligus pengelola. Kesepakatan pembagian keuntungan atau laba yang didapatkan akan dibagi 40% untuk Fani Kurniawan dan 60% Vian Nurmita Rezy. Pelaksanaannya pengelola terkadang dalam pembelian sparepart fotocopy menggunakan nota kosong untuk memanipulasi data pembelian tanpa diketahui pemilik modal; dan 2) Menurut hukum Islam, praktik kerjasama anatara pengelola usaha fotocopy dan pemodal di lowbudget fotocopy Margorejo Surabaya akadnya fasid (rusak), karena ada salah satu rukun yang tidak terpenuhi yaitu tidak adanya pemenuhan hak terhadap pemilik modal dan praktiknya tidak sejalan dengan akad musyarakah¸ yang mana jika usaha yang dilakakukan oleh syarik, maka syarik harus memberitahu secara transparan pegelolaan hasil kerjasama untuk memenuhi kebutuhan sparepart fotocopy secara jelas tanpa adanya manipulasi data.Dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran kepada: 1) Kepada pemilik modal harus lebih tegas untuk melakukan tindakan baik pengawasan ataupun teguran kepada pengelola usaha fotocopy yang melakukan tindakan membeli sparepart mesin fotocopy dengan nota kosong, harga yang tidak sesuai dan pengelola yang memberikan nota kosong kepada customer,; 2) Kepada pihak pengelola usaha fotocopy, harusnya meminta izin dan memberitahu pemilik modal jika ada pembelian sparepart harus menggunakan nota asli, harus menyampaikan berapapun harga yang ditetapkan antara pengelola usaha dengan pemodal dan tidak memberikan nota kosong pada customer; dan 3) Kepada pihak pembeli jika menggunakan jasa fotocopy harus menggunakan nota harga asli agar tidak terjadi kecurangan, walaupun hal tersebut bukan rahasia umum dalam usaha fotocopy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Moch. Maulana Afrizaljallardiansah@gmail.comC02216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Hukum Islam > Mudharabah
Keywords: Praktik wanprestasi; Kerjasama; Bagihasil usaha.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch. Maulana Afrizal Ardiansyah
Date Deposited: 25 Oct 2020 01:57
Last Modified: 25 Oct 2020 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44746

Actions (login required)

View Item View Item