Potensi wisata religi makam Gus Dur dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pondok pesantren Tebuireng Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Ainin Nur (2020) Potensi wisata religi makam Gus Dur dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pondok pesantren Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainin Nur Mufidah_G94216149.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data berdasarkan kebenaran atau fakta-fakta yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah masyarakat Dusun Seblak gang III mengalamai perubahan ekonomi setelah menjadi pusat perdagangan serta jalan utama menuju wisata religi Makam Gus Dur, mereka merasa lebih nyaman dengan ekonomi yang sekarang ini, dengan pendapatan yang meningkat masyarakat bisa memperbaiki rumah, membeli motor, membangun kos serta mengembangkan usahanya. Adanya potensi wisata religi Makam Gus Dur ini memunculkan peluang usaha bagi masyarakat Dusun Seblak gang III. Dalam memanfaatkan peluang usaha ini masyarakat membangun lapak di lahannya yang kosong untuk disewakan kepada penjual dari daerah lain, usaha menyewakan lapak seharga 10 juta pertahun ini dirasa terlalu pas untuk memenuhi kebutuhan sehingga masyarakat membuka usaha lain selain menyewakan lapak yakni dengan berjualan nasi, gorengan, membuat ponten, warung kopi, dan toko kelontong. Faktor penghambat masyarakat tidak mau menggunakan lapaknya sebagai usaha sendiri yakni diantaranya faktor keluarga, faktor tenaga, modal, rasa empati yang tinggi kepada penyewa lapak sehingga menghambat masyarakat tersebut menggunakan semua lapaknya untuk usaha. Dari penelitian ini antara teori yang mendukung dengan praktik masyarakat Dusun Seblak gang III dalam memanfaatkan peluang usaha dan perubahan ekonomi sudah sesuai serta diharapkan bagi pemerintah Kabupaten Jombang memfasilitasi masyarakat dengan ilmu kewirausahaan dengan mengadakan seminar sehingga masyarakat mempunyai pengetahuan serta motivasi minat usaha yang tinggi dan bagi kepala Dusun membentuk tim pengawasan pasar yang difungsikan untuk menyelesaiakan sengketa yang terjadi di pasar dan bagi masyarakat Dusun Seblak gang III ini membentuk asosiasi perdagangan desa berkolaborasi mendirikan suatu produk serta mengembangkan usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Ainin Nuraininfidah12@gmail.comG94216149
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Wisata religi makam Gus Dur; Peningkatan ekonomi; Peluang usaha.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ainin Nur Mufidah
Date Deposited: 27 Oct 2020 08:55
Last Modified: 27 Oct 2020 08:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44769

Actions (login required)

View Item View Item