Analisis Hukum Islam dan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap jual beli Vape di JVape Jemursari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirun (2020) Analisis Hukum Islam dan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap jual beli Vape di JVape Jemursari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Khoirun Nisa'_C92216112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang data penelitiannya diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dengan pihak pemilik usaha jual beli vape di JVape Jemursari dan konsumen vape untuk selanjutnya diolah dengan cara editing organizing dan analizing. Selanjutnya data yang berhasil dihimpun kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam praktik jual beli vape dilakukan dengan mendatangi langsung ke tokoJVape maupun melalui online yang ada dalam Shopee, Toko Pedia, Buka Lapak dan toko online yang lainnya. Adanya jual beli vape ini memudahkan konsumen yang membutuhkan vape, namun system keamanan dan kenyamanan kurang memadai mengingat vape tidak baik jika dikonsumsi. Dalam konsep hukum Islam praktik jual beli vape di JVape Jemursari Surabaya telah sesuai dan sah karena telah memenuhi syarat dan rukun al-bai’ baik itu subjek, objek nilai tukar pengganti maupun sighat serta telah sesuai dengan kaidah fiqh yang menyatakan bahwa semua kegiatan muamalah pada dasarnya boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkan, sedangkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 praktik jual beli vape belum memenuhi asas keamanan dan keselamatan serta dapat merugikan konsumen. Sejalan dengan kesimpulan tersebut, hendaknya pemerintah menetapkan regulasi yang mengatur dengan tegas mengenai jual beli vape, sehingga keamanan dan keselamatan tetap terjaga. Selain itu perlu adanya kesadaran dari pelaku usaha maupun konsumen untuk turut serta menjaga keamanan dengan memperhatikan teknis mengenai jual beli vape.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Khoirunkhoirunnisauun6615@gmail.comC92216112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hamidy, Abu Dzarrinadzarrin2015@gmail.com /dzar_alif@yahoo.co.id2004067302
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Jvape; Vape.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Khoirun Nisa'
Date Deposited: 27 Oct 2020 11:58
Last Modified: 27 Oct 2020 11:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44770

Actions (login required)

View Item View Item