Dinamika keberagamaan Jamaah Majelis Tafsir Alquran (MTA) di Kecamatan Kunduran Blora

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affan, Ismail (2020) Dinamika keberagamaan Jamaah Majelis Tafsir Alquran (MTA) di Kecamatan Kunduran Blora. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Affan Ismail_F02917254.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat historis deskriptif analisis.. Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1 MTA adalah salah satu yayasan yang bergerak dalam dakwah dan sosial keagamaan didirikan oleh Abdullah Tufail Saputra pada tanggal 19 September 1972. Materi dari pengajian MTA sendri bersumber dari Alquran dan Hadis yang disusun oleh tim tafsir MTA yang diterbitkan dalam bentuk brosur. (2 MTA di Blora muncul pertama kali di kecamatan Kunduran. Meskipun banyak yang menentang, jamaah MTA mencoba membaur dengan masyarakat dengan cara, membuat kegiatan sosial yang menyertakan masyarakat. Hal tersebut membuat MTA diterima masarakat. (3 Dimata ormas Islam diwilayah Blora kemunculan MTA dimaknai dengan berbagai pendapat menurut Muhammadiyah, dengan adanya MTA sangat membantu Muhammadiyah dalam memberantas tahayul, bid‟ah, khurafat. Dari pihak NU awalnya kurang merespon baik tapi akhirnya dapat menerima perbedaan. Aparatur desa pun turut serta untuk menjaga kerukunan antara warga dan jamaah MTA yang ada di desa mereka

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affan, IsmailIsmailaffan19@gmail.comF02917254
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Subjects: Dirasah Islamiyah
Organisasi Masyarakat
Keywords: Organisasi Islam; Majelis Tafsir Alquran; Ormas; Organisasi masyarakat.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Affan Ismail
Date Deposited: 28 Oct 2020 05:19
Last Modified: 28 Oct 2020 05:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44781

Actions (login required)

View Item View Item