Cyberfeminism sebagai strategi untuk menciptakan kesetaraan gender melalui Teknologi Komunikasi: studi Etnografi Virtual terhadap Akun Twitter Magdalene

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiarohmi, Luluk (2020) Cyberfeminism sebagai strategi untuk menciptakan kesetaraan gender melalui Teknologi Komunikasi: studi Etnografi Virtual terhadap Akun Twitter Magdalene. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Istiarohmi_I73216070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya gerakan cyberfeminism yang terdapat di dalam akun twitter Magdalene. Adanya gerakan cyberfeminism melalui ranah teknologi komunikasi yakni agar relasi perempuan dengan teknologi tidak lagi dipandang sebelah mata. Selain itu, perempuan dapat terkoneksi satu sama lain untuk dapat menyalurkan suaranya demi upaya menciptakan kesetaraan gender. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni: pertama, mengenai strategi akun Twitter Magdalene dalam menciptakan kesetaraan gender. Kedua, mengenai hasil yang diciptakan oleh akun Twitter Magdalene terkait upayanya dalam kesetaraan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik etnografi virtual. Melalui pengamatan secara langsung, dan ikut berbaur aktif dengan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menjelaskan studi ini ialah teori ruang publik Jurgen Habermas dan teori cyborg. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa: (1) Sebagai upaya menciptakan kesetaraan gender, Magdalene menerapkan konsep cyberfeminism dengan dua strategi utama yakni menyediakan ruang khusus untuk membahas isu-isu terkait gender, dan menjadi domain utama dalam membagikan informasi sehingga dapat memunculkan ruang publik baru. (2) Twitter tidak cukup baik untuk menjadi ruang publik yang ideal, akan tetapi tetap dapat dikatakan sebagai ruang publik karena fungsinya sebagai media untuk spread awareness. Kemudian, dari usaha Magdalene untuk spread awareness tersebut, menciptakan sebuah gerakan kesetaraan gender yang sifatnya lebih personal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiarohmi, Luluklulukistiar@gmail.comI73216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYulianti Umdatul Izzah, IvaUNSPECIFIED197607182008012022
Subjects: Gender
Keywords: Cyberfeminism; Kesetaraan gender; Teknologi Komunikasi; Twitter; Magdalene.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Luluk Istiarohmi
Date Deposited: 30 Oct 2020 07:35
Last Modified: 30 Oct 2020 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44790

Actions (login required)

View Item View Item