Islam dan Kearifan Lokal: studi pada masyarakat Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara dan Relevansinya Dengan Pendidikan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimulla, Mohammad (2020) Islam dan Kearifan Lokal: studi pada masyarakat Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara dan Relevansinya Dengan Pendidikan. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamamd Karimullah_F13011505.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Bentuk-bentuk kearifan lokal yang terdapat dalam budaya Tenguyun, relevansi nilai-nilai kearifan lokal dalam budaya Tenguyun dengan pendidikan Islam, dan pola integrasi antara pendidikan Islam dan kearifan lokal pada masyarakat Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. Sehingga menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan saling mempengaruhi sehingga terbentuk hukum adat yang saling mengikat yang tidak menolak budaya barat dan tidak membuang budaya konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. Dengan menggunakan pendekatan Etnografis. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini juga menggunakan studi lapangan (feild research), untuk melengkapi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari tokoh agama, lembaga adat kesultanan Bulungan, pelaku sejarah, tesis, disertasi, dan dokumen otentik yang berada di musium kesultanan Bulungan. Sedang data sekunder dari hasil observasi, interview, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk-bentuk kearifan lokal yang terdapat dalam budaya Tenguyun itu antara lain, 1) Upacara adat Biduk Bebandung, 2) Uang Jujuran atau uang panai, 3) Upacara adat pernikahan, dan 4) seni tari. Ditemukan adanya relevansi antara kearifan lokal dengan pendidikan Islam masyarakat Bulungan yang berlangsung secara substansial, struktural, dan kultural. Integrasi substansial terdapat pada upacara adat biduk bebandung benuanta dengan bacaan Mangawa. Integrasi Struktural menunjukkan bahwa Islam diperkenalkan, disebarkan, dan tumbuh berkembang melalui pintu Istana Kesultanan. Sedang integrasi kultural melalui pranata kehidupan sosial budaya sehari hari antara lain pada adat perkawinan masyarakat Bulungan dan penghantaran uang panai. Dimana budaya-budaya masyarakat Bulungan tersebut banyak mengandung nilai-nilai dan unsur pendidikan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimulla, Mohammadmailto:karim_jaka2000@yahoo.comF13011505
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Islam; Kearifan Lokal; Pendidikan.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Karimullah Muhammad
Date Deposited: 30 Oct 2020 10:05
Last Modified: 30 Oct 2020 10:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44800

Actions (login required)

View Item View Item