Representasi Egoisme dalam novel Derana: analisis wacana Teun A. Van Dijk"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Naila Akmaliyatun (2020) Representasi Egoisme dalam novel Derana: analisis wacana Teun A. Van Dijk". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naila Akmaliyatun Nisa'_B06216030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Karya sastra merupakan tempat dimana pengarang menuangkan apa yang ada dalam pikirannya berdasarkan penetahuan, pengalaman maupun imajinasi. Salah satu tema dalam karya sastra adalah tentang konflik antar manusia dikarenakan sifat egoisme yang dimiliki. Melalui karya sastra, pengarang membentuk sebuah wacana yang memberikan gambaran yang mempengaruhi pola pikir masyarakat, sehingga hal ini perlu menrik untuk dikaji. Persoalan yang akan dijadikan penelitian dalam skripsi ini adalah, bagaimana egoisme direpresentasikan dalam novel “Derana”?. Untuk membongkar persoalan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian Analisis Teks Media Kualitatif model analisis wacana Teun A. Van Dijk dengan pendekatan konstruktivis yang melihat bahwa realita dalam kehidupan sosial bukan realita alami namun hasil dari rekonstruksi. Dimana setiap karya sastra berupa novel adalah hasil konstruksi yang dibuat berdasarkan kepentingan pengarang (penulis).Hasil dari penelitian ini adalah dalam novel “Derana” egoisme direpresentasikan menjadi 3 yaitu (a) egoisme totalitas (b) emosionalisme (c) sisi baik ketika beradu egoisme. Peneliti selanjutnya diharapkan mampu melakukan penelitian secara lebih kritis dan juga melakukan wawancara kepada pembaca mengenai respon setelah membaca novel Derana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Naila Akmaliyatunnaeyla.akmaa@gmail.comB06216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, pardiantopardianto.uinsby@gmail.com2022067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Representasi; Egoisme; Analisis Wacana Teun A. Van Dijk.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Naila Akmaliyatun Nisa'
Date Deposited: 06 Nov 2020 07:25
Last Modified: 06 Nov 2020 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44830

Actions (login required)

View Item View Item