Analisis hukum Islam terhadap jual beli dengan alat pembayaran pulsa di Media Sosial LINE

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hurin'in, Nur Mazaya (2020) Analisis hukum Islam terhadap jual beli dengan alat pembayaran pulsa di Media Sosial LINE. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Mazaya Hurin'in_C92216193.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian skripsi ini menggunakan kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (librabry research) sebagai pendukung tentang analisis hukum Islam terhadap jual beli dengan alat pembayaran pulsa di media sosial LINE. Dalam penelitian dihimpun melalui wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya skripsi ini dianalisisi menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik jual beli dengan alat pembayaran pulsa di media sosial LINE merupakan proses pertukaran dan distribusi informasi antara dua pihak didalam media sosial LINE dengan menggunakan internet dengan cara membuka akun official LINE yang ada.Sistem jual beli dengan alat pembayaran pulsa di media sosial LINE dalam konteks hukum Islam sah tetapi fasid. Letak kefasidannya karena tidak memberikan kebebasan kepada pembeli yang tidak sesuai dengan prinsip jual beli dalam Islam. Dengan demikian kesimpulan diatas, menjelaskan bahwa pihak penjual selaku penggerak jual beli online di media sosial untuk mengkaji dan mempelajari ulang mengenai konsep jual beli karena apabila akad tersebut tidak sesuai dengan prinsip jual beli dalam Islam maka sebaiknya menggunakan alternatif alat pembayaran lain yang lebih mudah dan sesuai dengan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hurin'in, Nur Mazayanurma.mayza@gmail.comC92216193
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli online; LINE; Pulsa sebagai alat bayar.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S.H. Nur Mazaya Hurin'in
Date Deposited: 03 Nov 2020 09:57
Last Modified: 03 Nov 2020 09:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44842

Actions (login required)

View Item View Item