Efektivitas penggunaan youtube video sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis: studi Multi-Situs di SMK An-Nur dan SMK Nurul Yaqin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarroha, Amaliya (2020) Efektivitas penggunaan youtube video sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis: studi Multi-Situs di SMK An-Nur dan SMK Nurul Yaqin. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amaliya Mufarroha_F12318119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Landasan tekhnologi menghasilkan sebuah keyakinan bahwa dengan menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran dapat menjadi stimulus dalam proses peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini digunakan untuk menjawab tiga masalah pokok, yaitu bagaimana efektifitas penggunaan video YouTube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, bagaimana peningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan bagaimana penggunaan video YouTube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan eksperimen nonequivalent control group design. Data diperoleh dengan melakukan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan penggunaan YouTube video sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menambah wawasan, pembelajaran aktif, peserta didik mampu menganalisis permasalahan dan tidak malu bertanya. Dengan YouTube video peningkatan keterampilan berpikir kritis kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, berdasarkan uji independent sampel t-test diperoleh nilai sig 2 tailed < 0.05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, penggunaan YouTube video sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dapat dikatakan efektif karena peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran, aktif bertanya, mampu menganalisis permasalahan. Berdasarkan data kuantatif diperoleh nilai sig 2 tailed < 0.05. Dimana terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarroha, Amaliyalia.mu0101@gmail.comF12318119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: YouTube; Media Pembelajaran; Keterampilan Berpikir Kritis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amaliya Mufarroha
Date Deposited: 02 Nov 2020 10:15
Last Modified: 02 Nov 2020 10:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44843

Actions (login required)

View Item View Item