Citra Diri Mahasiswa Islam Surabaya di Instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunus, Moh. (2020) Citra Diri Mahasiswa Islam Surabaya di Instagram. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh.Yunus_F02718290.pdf

Download (2MB)

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di kalangan generasi millennial saat ini. Media yang berbasis jejaring sosial ini memberikan ruang untuk berekspresi melalui visualisasi citra, berupa penampilan diri yang dapat diunggah oleh penggunanya, yang kemudian disebarluaskan kepada khalayak pengguna lainnya. Sebagai ruang artifisial, Instagram telah menjadi fakta interaksi sosial masa kini. Instagram juga menjadi ruang impresif untuk mengkonstruksikan citra diri secara bebas. Fakta sosial tersebut menginspirasi peneliti untuk mengkaji tiga permasalahan pokok dalam penelitian ini, yakni (1) Bagaimana proses citra diri mahasiswa Islam Surabaya di Instagram dibentuk? (2) Bagaimana proses artikulasi identitas keislaman mahasiswa Islam Surabaya di Instagram? (3) Apa makna citra diri bagi mahasiswa Islam Surabaya? Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) yang mengungkapkan dan menyajikan data secara deskriptif, dengan menggunakan tipe fenomenologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teori konstruksi sosial yang digagas oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckman, yang terbagi menjadi tiga proses momen yakni eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pembentukan citra diri mahasiswa Islam Surabaya di Instagram ditentukan oleh motivasi mereka dalam menggunakan media sosial sebagai media ekspresi diri secara online. Identitas keislaman mahasiswa Islam Surabaya diartikulasikan di media sosial Instagram dengan cara menyajikan konten dakwah atau nilai-nilai keislaman kepada follower nya sesuai dengan minat dan pengetahuan mereka. Citra diri mahasiswa Islam di Instagram dimaknai sebagai identitas keislaman anak muda kekinian (Islamic millennial) yang sadar terhadap nilai-nilai Islam namun tidak gagap teknologi dalam menghadapi era modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunus, Moh.muhammadyunussyams@gmail.comF02718290
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com2009065701
Thesis advisorArif, Moch. ChoirulIrul_rek@yahoo.co.id2017107102
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Materi
Dakwah > Dakwah, Remaja
Keywords: Instagram; Citra Diri; Mahasiswa Islam.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Moh. Yunus
Date Deposited: 02 Nov 2020 11:27
Last Modified: 02 Nov 2020 11:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44845

Actions (login required)

View Item View Item