Konseling Islam dengan teknik cognitive disputation untuk mengurangi trauma akibat Bullying remaja di Bareng Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Dewi Frisca Nila (2020) Konseling Islam dengan teknik cognitive disputation untuk mengurangi trauma akibat Bullying remaja di Bareng Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Frisca Nila Sari_B93216078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan Konseling Islam dengan Teknik Cognitive Disputation untuk Mengurangi Trauma Akibat Bullying Remaja di Bareng Jombang serta bagaimana hasil dari pelaksanaan Konseling Islam dengan Teknik Cognitive Disputation untuk Mengurangi Trauma Akibat Bullying Remaja di Bareng Jombang. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metose penelitian kualitatif dengan analisa deskripstif komparatif. Dalam hal ini peneliti melaksanakan teknik cognitive disputation dengan 4 tahapan yakni Konselor terlebih dahulu menunjukkan bahwa pikiran dari konseli tidak logis dan irrasional, konselor memberikan pemahaman tentang pikiran irrasional konseli dan meyakinkan konseli bahwa konseli mampu merubah pikiran irrasional tersebut, konselor membantu mengembangkan pikiran rasional konseli, konselor meminta konseli untuk terus berlatih mengembangkan pikiran rasional tersebut. Adapun hasil akhir dari pelaksanaan terapi ini dikatakan cukup berhasil, hal tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan yang terjadi pada diri konseli menjadi lebih baik. Perubahan yang dialami konseli yakni perasaan konseli yang seperti mengalami kembali kejadian traumatisnya menjadi berkurang, konseli sudah jarang terbayang-bayang akan pengalaman traumatisnya. Sehingga rasa tegang yang ia rasakan ketika dihadapkan pada peristiwa yang mengingatkannya akan kejadian trauma pun juga berkurang. Ia pun juga sudah tidak melakukan penghindaran ketika ia dihadapkan pada situasi yang sama yang mengingatkannya pada pengalaman traumatisnya. Konseli juga perlahan untuk mencoba tidak menarik diri dari lingkungannya. Kesimpulan dalam penelitian ini diantaranya yakni proses konseling islam dengan teknik cognitive disputation untuk mengurangi trauma akibat bullying remaja di Bareng Jombang ini yang pertama yakni tahap identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, serta follow up. Hasil dari pelaksanaan konseling islam dengan teknik cognitive disputation untuk mengurangi trauma akibat bullying remaja di Bareng Jombang ini cukup berpengaruh terhadap perubahan pada diri konseli menjadi lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Dewi Frisca Niladewifrisca315@gmail.comB93216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah Noer--2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Cognitive disputation; trauma; bullying.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dewi frisca nila Sari
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:32
Last Modified: 04 Nov 2020 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44859

Actions (login required)

View Item View Item