Transformasi tradisi lokal ke tradisi Islam: studi pada Masyarakat Jolotundo dalam Perspektif Pemrosesan-Informas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujiati, Nanik (2020) Transformasi tradisi lokal ke tradisi Islam: studi pada Masyarakat Jolotundo dalam Perspektif Pemrosesan-Informas. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanik Mujiati_F52718305.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari adanya transformasi tradisi ruwatan sumber air Jolotundo, yang awalnya bernuansa lokal Jawa menjadi kombinasi Jawa dan Islam. Tradisi ruwatan ini merupakan wujud tradisi lokal yang masih dipertahankan masyarakat Jawa khususnya di Desa Seloliman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Transformasi ini terjadi atas peran dakwah Islam di masa lampau. Pada penelitian ini, permasalahan yang dikaji adalah bagaimana prosesi tradisi ruwatan sumber air Jolotundo, bagaimana proses transformasi nilai-nilai budaya lokal Jawa kedalam nilai-nilai Islam pada tradisi ruwatan sumber air Jolotundo, serta apa bentuk perubahan pada tradisi ruwatan sumber air Jolotundo setelah mengalami transformasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori untuk melihat fenomena ini adalah teori pemrosesaninformasi McGuire dan teori komunikasi ritual James W. Carey. Hasil penelitian diketahui bahwa pertama, prosesi ruwatan sumber air Jolotundo dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan setelah pelaksanaan. Kedua, proses transformasi nilai-nilai budaya lokal Jawa kedalam nilai-nilai Islam pada tradisi ruwatan adalah transformasi oleh dakwah para wali songo (sembilan) terdahulu. Dakwah kepada masyarakat yang saat itu berkeyakinan Kapitayan atau monoteisme. Dakwah dilakukan melalui pendekatan budaya dan akhlak. Ketiga, bentuk perubahan tradisi ruwatan sumber air Jolotundo setelah mengalami transformasi adalah pembacaan doa dan makanan yang disajikan sebagai sedekah masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujiati, Naniknanikmuji2301@gmail.comF52718305
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nurnursyamtuban2018@gmail.com2007055801
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Transformasi; Tradisi Lokal; Tradisi Islam.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mujiati Nanik
Date Deposited: 04 Nov 2020 11:22
Last Modified: 04 Nov 2020 11:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44871

Actions (login required)

View Item View Item