tradisi sasi dan keberlanjutan ekonomi lokal perspektif etika lingkungan Yusuf al Qardhawi pada Desa Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mossy, Julianty Ryzkha L. (2020) tradisi sasi dan keberlanjutan ekonomi lokal perspektif etika lingkungan Yusuf al Qardhawi pada Desa Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Julianty Ryzkha L. Mossy_F02418145.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sumber daya alam pada Kecamatan Leihitu tepatnya di desa Morella diatur dengan cara menggunakan hukum adat sasi, aturan yang ada sejak dulu ini melarang pengambilan sumber daya alam dalam kurun waktu tertentu. Tradisi sasi bagi masyarakat Morella adalah suatu kearifan lokal dimana sudah menjadi warisan turun temurun dari nenek moyang dalam menjaga hasil hutan secara maksimal hingga keberlanjutan. Tujuan dari penilitian ini untuk menjawab rumusan masalah terkait pemeliharaan dan pelestarian adat sasi, makna adat sasi bagi masyarakat terhadap keberlanjutan ekonomi lokal. Serta tradisi sasi dalam perspektif etika lingkungan Yusuf Al-Qardhawi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, kepustakaan, perekaman, dan pendokumentasian. Informan dalam penelitian ini yaitu pelaku ritual, tokoh adat, tokoh masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Pemeliharaan dan pelestarian adat sasi di Morella bertujuan untuk menjaga hasil hutan atau tanaman (kelapa dan pala) yang termasuk dalam katagori sasi. Kedua, makna yang terkandung dalam tradisi sasi,meliputi religi, ekonomi, gotong royong, kekeluargaan, politik, pendidikan serta keindahan yang bersinegi dengan keberlanjutan ekonomi. Tradisi sasi di desa Morella umumnya secara keseluruhan telah dilakukan sesuai dengan etika lingkungan Yusuf Al-Qardhawi dimana manusia lebih mengutamakan kewajibannya sebagai khalifah untuk menjaga alam semesta, bertanggungjawab, kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama demi keberlangsungan yang akan dirasakan pada masa mendatang. Implikasi dari tradisi sasi pada desa Morella adalah terjaganya alam dan hasil tanaman yang baik serta sosial masyarakat yang damai menjadi ciri khas tersendiri. Karena asas manfaat dan keberlanjutan dari tradisi sasi, sudah selayaknya jika pihak pemerintah desa Morella maupun pemerintah kabupaten dan Propinsi melaksanakan kembali tradisi sasi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mossy, Julianty Ryzkha L.Mossyjulianti@gmail.comF02418145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, Ahmad--2007065501
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Tradisi Sasi; Konsep Etika Lingkungan Yusuf Al-Qardawi.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: JULIANTY RYZKHA L. MOSSY
Date Deposited: 04 Nov 2020 10:22
Last Modified: 04 Nov 2020 10:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44872

Actions (login required)

View Item View Item