Tinjauan Perda Kab. Mukomuko no. 5 tahun 2016 tentang berpakaian muslim dan muslimah bagi siswa perspektif Maqashid Asy-Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahputri, Lindawati Eka (2020) Tinjauan Perda Kab. Mukomuko no. 5 tahun 2016 tentang berpakaian muslim dan muslimah bagi siswa perspektif Maqashid Asy-Syariah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lindawati Eka Sahputri_F02217041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif atau doctrinal, yang menggunakan pendekatan, yakni; pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan maqashid Asy-Syariah. Sumber bahan hukum dalam penelitian ini diperoleh dari bahan hukum primer (perundang-undangan) dan bahan hukum sekunder (buku-buku, jurnal), serta menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif dalam menjabarkan kandungan perundang-undangan dan kedudukan Perda Kab. Mukomuko No. 5 Tahun 2016 tentang Berpakaian Muslim dan Muslimah Bagi Siswa. Setelah melakukan penelitian maka didapatkan hasil bahwa adanya celah normatif kearifan lokal dan aspirasi masyarakat dapat menjadi materi-muatan Perda, namun kearifan lokal yang berkaitan dengan keagamaan sejatinya secara tertib hukum tidaklah dapat dijadikan Peraturan Daerah, karena persoalan agama masuk kepada wilayah kekuasaan absolut Pemerintahan Pusat dan tidak dapat dibagi oleh Pemerintah Daerah sebagaimana amanah Pasal 10 ayat (1) UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan; Pertama. Kedudukan Perda Kab. Mukomuko No. 5 Tahun 2016 tentang berpakaian muslim dan muslimah bagi siswa cacat hukum karena dibentuk berdasarkan interpretasi tunggal ajaran agama Islam. Pasal 10 ayat (1) No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah memberikan batasan bahwa urusan agama ialah termasuk urusan absolut Pemerintahan Pusat. Penggunaan pertimbangan keagamaan materi-muatan Perda tersebut, membuat semakin terlihat bahwa tidak terpenuhinya beberapa asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan seperti; asas pengayoman, asas kebangsaan, asas bhineka tunggal ika, asas keadilan dan asas kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan sebagaimana amanah Pasal 6 UU No. 12 Tahun 2011. Kedua. perspektif maqashid asy-syariah kedudukan Perda Kab. Mukomuko No. 5 Tahun 2016 tentang berpakaian muslim dan muslimah bagi siswa telah sejalan dengan pensyariatan hukum Islam yang bermuara pada ke maslahatan dan manfaat bagi masyarakat (siswa). Karena minimal telah mengimplementasikan 3 (tiga) pokok yang menjadi tujuan pensyariatan hukum Islam (maqashid al-syari’ah) yang bermuara pada kemaslahatan/manfaat, yakni; pertama. Hifz ad-din (menjaga agama), kedua. Hifz an-Nafs (menjaga diri), ketiga. Hifz al-Aql (menjaga akal).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahputri, Lindawati Ekalynda_syahputri@yahoo.co.idF02217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Anis--197208062014112001
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Perda Kab. Mukomuko no. 5 tahun 2016; Muslim Muslimah; Maqashid Asy-Syariah.
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Lindawati Eka Sahputri
Date Deposited: 05 Nov 2020 23:46
Last Modified: 05 Nov 2020 23:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44886

Actions (login required)

View Item View Item