Islamisme dan Konsep al-Ḥākimīyah Sayyid Quṭb perspektif teori Fungsi Jorge J.E. Gracia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Haidary, Abdullah Haq (2020) Islamisme dan Konsep al-Ḥākimīyah Sayyid Quṭb perspektif teori Fungsi Jorge J.E. Gracia. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah Haq Al Haidary_F02118031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian library research yang membedah Ideologi Islamisme serta konsep al-Ḥākimīyah Sayyid Quṭb melalui teori fungsi Jorge J.E. Gracia. Islamisme merupakan fenomena global yang sedang gencar digaungkan oleh beberapa kelompok gerakan Islam. Untuk memahami argumen dasar ideologi Islamisme gagasan tentang religionized politics “politik yang diagamaisasikan” itu penting dikemukakan. Salah satu tokoh sentral Islamisme yang sangat berpengaruh hingga saat ini adalah Sayyid Quṭb dan konsep yang mendasari Islamisme-Nya adalah konsep al-Ḥākimīyah. Melalui al-Ḥākimīyah, Quṭb telah berhasil mengarahkan kelompok-kelompok fundamen ke arah aksi kekerasan. Dalam hal ini, peneliti berusaha membedah Ideologi Islamisme melalui konsep al-Ḥākimīyah Sayyid Quṭb dengan teori interpretasi Jorge J.E. Gracia. Gracia mengemukakan bahwa untuk menginterpretasi suatu objek menggunakan tiga fungsi interpretasi, yaitu historical function, meaning function, serta implicative function. Maka, dengan menggunakan teori ini, Kritik terhadap Ideologi Islamisme serta konsep al-Ḥākimīyah Quṭb diharapkan dapat terbedahkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Haidary, Abdullah Haqabdullahhaedar@gmail.comF02118031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Dirasah Islamiyah
Politik
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: al-Ḥākimīyah; Islamisme; Sayyid Quṭb.
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Abdullah Haq Al Haidary
Date Deposited: 05 Nov 2020 22:15
Last Modified: 05 Nov 2020 22:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44887

Actions (login required)

View Item View Item